Geledah 4 Lokasi, KPK Sita Dokumen Keuangan Suap Wali Kota Cimahi

Kamis, 3 Desember 2020 21:13 Reporter : Merdeka
Geledah 4 Lokasi, KPK Sita Dokumen Keuangan Suap Wali Kota Cimahi KPK Rilis Penangkapan Wali Kota Cimahi. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah empat lokasi di Cimahi, Jawa Barat, Rabu, 2 Desember 2020. Penggeledahan berkaitan dengan kasus dugaan suap pengurusan izin pembangunan rumah sakit yang menjerat Wali Kota nonaktif Cimahi Ajay Muhammad Priatna.

Empat lokasi tersebut yakni Kantor Wali Kota Cimahi, Rumah Wali Kota Cimahi, Rumah Sakit Umum Kasih Bunda (RSU KB), dan Kantor PT Trisaksi Megah.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan dalam penggeledahan tim penyidik mengamankan sejumlah dokumen. Salah satu dokumen yang diamankan yakni terkait catatan aliran uang dugaan suap yang masuk ke kantong pribadi Ajay Muhammad Priatna.

"Dalam penggeledahan ini penyidik telah mengamankan beberapa dokumen berupa catatan penerimaan keuangan yang diduga diterima oleh tersangka AMP dan juga dokumen terkait pengajuan izin RSU KB," kata Ali.

Ali mengatakan, tim penyidik akan menganalisis lebih dalam beberapa temuan tersebut untuk kemudian dijadikan alat bukti untuk pembuktian pasal yang disangkakan terhadap Ajay.

"Penyidik akan segera melakukan penyitaan atas dokumen tersebut setelah dilakukan analisa lebih dahulu terhadap dokumen-dokumen dimaksud," kata Ali.

KPK menetapkan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna (AJM) dan Komisaris Rumah Sakit Umum Kasih Bunda Cimahi, Hutama Yonathan (HY) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan pembangunan RSU Kasih Bunda tahun anggaran 2018-2020.

Ajay Priatna diduga telah menerima suap Rp1,661 miliar dari total kesepakatan Rp3,2 miliar. Uang sebesar Rp1,661 miliar itu diterima Ajay Priatna dalam lima kali tahapan. Uang itu disinyalir berkaitan dengan pembangunan Gedung RSU Kasih Bunda.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini