Gebrakan Jenderal Idham Azis Tertibkan Polri Sampai Copot Kapolres Ketahuan Mengobrol

Rabu, 20 November 2019 07:00 Reporter : Syifa Hanifah
Gebrakan Jenderal Idham Azis Tertibkan Polri Sampai Copot Kapolres Ketahuan Mengobrol Jokowi lantik Kapolri Idham Azis. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Jenderal Idham Azis resmi menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) sejak 1 November 2019. Dua pekan sudah Kapolri Idham Azis menjabat dan berbagai gebrakan sudah dikeluarkan.

Beberapa kebijakan Idham Azis diyakini untuk menjadikan Polri lebih baik lagi. Salah satunya mengeluarkan instruksi agar seluruh anggota dan keluarga Polri hidup sederhana. Berikut ini gebrakan Kapolri Idham Azis di awal kepemimpinannya:

1 dari 3 halaman

Instruksikan Anggota Tak Pamer Gaya Hidup Mewah

Di awal kepemimpinannya, Kapolri Jenderal Idham Azis membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan imbauan untuk seluruh anggota Polri tidak memamerkan gaya hidup mewah dalam kehidupan sehari-hari.

Imbauan Kapolri tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/30/XI/HUM.3.4./2019/DIVPROPAM tertanggal 15 November 2019 yang berisi peraturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di Polri.

Dalam poin satu dikatakan anggota Polri, tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

"Poin dua, senantiasa menjaga diri, menempatkan diri pola hidup sederhana di lingkungan institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat. Poin ketiga, tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial," demikian bunyi poin larangan hidup mewah anggota Polri.

2 dari 3 halaman

Copot Kapolres Kampar karena Ketahuan Mengobrol

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mencopot AKBP Asep Darmawan dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar. AKBP Asep Darmawan dicopot karena terpergok mengobrol saat Kapolri tengah memberikan arahan ketika memimpin apel Kasatwil.

Pencopotan jabatan tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/3094/XI/KEP./2019 tertanggal Senin, 18 November 2019. Posisi Kapolres Kampar kini ditempati oleh AKBP Mohammad Kholid yang sebelumnya menjabat sebagai Direskrimum Polda Riau.

AKBP Asep Darmawan, mendadak dicopot dari jabatannya, padahal baru menempati posisi itu sekitar dua bulan sejak September lalu. Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal, membenarkan mutasi tersebut. "Benar dicopot," tutur Iqbal di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

3 dari 3 halaman

Ancam Copot Kapolres yang Minta Proyek

Kemudian, Kapolri Jenderal Idham Azis meminta kepala daerah untuk melapor kepadanya jika menemukan Kapolres meminta proyek. Dia berjanji akan memecat anak buahnya yang kedapatan meminta jatah proyek pemerintah.

"Kami Polri bisa menjadi rekan bapak-bapak untuk mengawali pelaksanaan pembangunan di daerah melalui konsultan yang solutif, bapak-bapak harus menggandeng para Kapolres," kata Idham di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Idham kemudian mengingatkan para Kapolres tidak menjadi bagian permasalahan yang ada di daerah. Dia ingin program pembangunan di daerah tidak terhambat.

"Karena bukan rahasia umum, banyak juga Kapolres itu kalau minta proyek, nah ini masalah nih, berarti dia konspirasi. Kalau dia begitu, para gubernur, wali kota silakan hubungi saya, nanti saya carikan pemain cadangan," kata Idham. [dan]

Baca juga:
Kapolres Kampar Dimutasi ke Pelayanan Markas Polri
Kapolri Copot Kapolres Gara-Gara Ngobrol, Dulu Presiden SBY juga Pernah Dibuat Murka
Tak Cuma Hidup Mewah, Para Polisi Ini Juga Punya Harta Berlimpah
Polri Sebut Aturan Tak Pamer Kemewahan Agar Anggota Sederhana, Tak Memandang Pangkat
Kapolri Pimpin Sertijab Kabaharkam Irjen Firli Bahuri

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini