Gayus divonis 6 tahun penjara

Kamis, 1 Maret 2012 16:12 Reporter : Putri Artika R
Gayus divonis 6 tahun penjara Gayus Tambunan dok/merdeka.com

Merdeka.com - Gembong mafia pajak Gayus Hamoloan Tambunan kembali dijatuhi vonis dengan pidana penjara 6 tahun denda Rp 1 miliar dan subsidair 4 bulan kurungan. Pembacaan vonis tersebut diketuai oleh hakim Suhartoyo di pengadilan Tipikor. .

"Dinyatakan bersalah dan dihukum dengan pidana penjara 6 tahun dan denda Rp 1 miliar," ujar Suhartoyo saat membacakan vonis di pengadilan Tipikor, Jakarta, (1/3).

Sebelumnya, Gayus didakwa 4 pasal berlapis. Sebagaimana dakwaaan kesatu primer pasal 12 b ayat 1 dan 2 UU Tipikor jo Pasal 65 ayat 1, dakwaan kedua primer Pasal 12 huruf B ayat 1 dan 2 UU Tipikor jo pasal 65 ayat 1 KUHP, dakwaan Ketiga Pasal 3 ayar 1 huruf a uu TPPU jo pasal 65 ayat 1 KUHP, dan dakwaan Keempat primer Pasal 5 ayat 1 huruf a jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

JPU dari Kejaksaan Agung menuntut Gayus dengan hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan. Menurut JPU, Gayus terbukti melakukan tindak penyuapan, gratifikasi, dan pencucian uang.

Sebelumnya dalam kasus penggelapan, Gayus telah dinyatakan bersalah dan telah memiliki kekuatan hukum tetap, dia divonis hukuman 10 tahun penjara. Di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tahun 2010 dan telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan pidana penjara 12 tahun. Sehingga total hukuman Gayus saat ini sudah 22 tahun penjara. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Vonis Gayus
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini