Gaya Santai Surya Paloh Tanpa Masker saat Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo

Jumat, 1 Juli 2022 18:25 Reporter : Merdeka
Gaya Santai Surya Paloh Tanpa Masker saat Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo surya paloh di pemakaman tjahjo kumolo. ©2022 Merdeka.com/nur habibie

Merdeka.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menghadiri pemakaman MenPAN RB Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan Pahlawan Kalibata. Paloh hadir ditemani sejumlah elite NasDem seperti Sekjen Johnny G Plate, Enggartiasto Lukita, Syahrul Yasin Limpo dan Lestari Moerdijat.

Dia datang berkemeja putih polos, dengan dasi dan peci hitam. Raut wajah sedih Paloh begitu terlihat karena dia datang tanpa masker. Sesekali Paloh mengusap matanya saat berjalan menuju pusara Tjahjo.

Gaya Paloh di TMP Kalibata mencuri perhatian. Paloh datang tanpa masker itu terlihat mulai dari turun mobil hingga selesai proses pemakaman Tjahjo. Begitu pula saat melayani wawancara puluhan wartawan di lokasi.

Paloh syok mendengar kabar Tjahjo meninggal dunia. Dia mengaku telah mengenal Tjahjo sejak lama. Bahkan, mantan Sekjen PDIP itu dekat seperti adiknya sendiri.

"Saya kehilangan adik saya yang saya kenal sejak puluhan tahun dan hari ini dia telah berpulang meninggalkan kita semua. Semoga semua amal baiknya diterima oleh Tuhan," kata Paloh.

Paloh meyakini bahwa Tjahjo Kumolo adalah pribadi yang baik. "Bukan sekadar perkenalan biasa ya. Dari mulai muda dari mulai komisi nasional Pemuda Indonesia dan sebagainya. Di Golkar dan di PDIP sebagai Sekjen dan seterusnya," kenang Paloh.

Paloh dan Tjahjo sering bertukar informasi apapun. Terakhir kali, dia bertemu dengan Tjahjo saat pernikahan adik Presiden Jokowi, Ida Yati dan Ketua MK Anwar Usman di Solo, Jawa Tengah.

"Saya berkontak dengan dia terakhir di Solo ya perkawinan adik bapak Jokowi. Itulah terakhir ketemu almarhum," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Diketahui, jenazah Tjahjo Kumolo telah selesai dimakamkan. Sebelumnya, Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar Pukul 11.00 WIB.

Putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng. [ray]

Baca juga:
Pemakaman Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat
Wapres Ma'ruf Amin Melayat Jenazah Tjahjo Kumolo
Rumah Masa Kecil Tjahjo Kumolo, Ada Ruangan Khusus Penghargaan
Dirut PLN Kenang Tjahjo Kumolo: Pejuang yang Jadi Aset Bangsa
Momen Terakhir Surya Paloh Bertemu Tjahjo Kumolo di Solo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini