Gatot tak tahu anak buahnya tunjuk OC Kaligis sebagai kuasa hukum

Rabu, 22 Juli 2015 15:32 Reporter : Nuryandi Abdurohman
Gatot tak tahu anak buahnya tunjuk OC Kaligis sebagai kuasa hukum Gatot Pujo Nugroho diperiksa KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Kuasa Hukum Gatot Pudjo Nugroho, Razman Arif Nasution mengatakan, penunjukan Otto Cornelis (OC) Kaligis sebagai kuasa hukum Ahmad Fuad Lubis ialah tanpa sepengetahuan kliennya. Razman mengaku, penunjukan tersebut merupakan inisiatif Fuad sendiri.

"Penunjukan pak OC Kaligis sebagai kuasa hukum oleh saudara Fuad, itu tidak melalui persetujuan dan atau bukan atas dorongan dari pak Gatot," kata Razman di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (22/7).

Razman mengatakan bahwa status Gatot sebagai Gubernur Sumatera Utara memiliki kewenangan untuk memiliki kuasa hukum pribadi maupun keluarga. Setiap pengacara yang dipilih, tambahnya, memiliki hak untuk memberi nasihat kepada kliennya ataupun menjalin komunikasi dengan pengacara lain.

"Dalam dua tahun terakhir, pak Gatot memiliki kerja sama dengan pak OC Kaligis dalam memberikan penyuluhan hukum di daerahnya. Itu sah-sah saja," ujarnya.

Lebih jauh Razman mengatakan, Gatot tidak tahu adanya pemberian uang yang dilakukan oleh M Yagari Bhastara kepada Kepala Pengadilan Tata Usaha Negara, Sumatera Utara.

"Seperti statement pak OC Kaligis di media, kasus suap ini tidak melibatkan Gatot," ujarnya. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini