Gasak 20 Ribu Jenitri Senilai Rp 50 Juta, Komplotan Pencuri Ditangkap Polisi

Senin, 8 April 2019 11:16 Reporter : Abdul Aziz
Gasak 20 Ribu Jenitri Senilai Rp 50 Juta, Komplotan Pencuri Ditangkap Polisi Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - NG, warga Desa Karangpule, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen ditangkap Unit Reskrim Polsek Sempor dan Sat Reskrim Polres Kebumen karena mencuri 20 ribu butir jenitri. Harga jual 20 ribu biji jenitri tersebut ditaksir mencapai Rp 50 juta.

"Tersangka mengatakan saat beraksi, ia bersama lima teman lainnya," jelas Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno, Senin (8/4) pagi.

Beberapa tahun belakangan ini buah Jenitri di Kebumen memang sedang moncer. Buah yang diambil bijinya itu sangat diminati oleh warga negara India, Nepal sampai ke Negeri 'Tirai Bambu' China.

Suparno menjelaskan, korban pencurian tersebut yakni petani Jenitri, Salimun (40) warga Desa Pandansari, Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen. Dia melapor ke Polsek Sempor bahwa pohon jenitrinya di Desa Somagede ,Kecamatan Sempor, yang tinggal menunggu panen telah dicuri pada Jumat (5/3).

"Dari hasil penyelidikan, Unit Reskrim Polsek Sempor dan Sat Reskrim Polres Kebumen akhirnya berhasil menangkap terduga pencuri buah Jenitri yang ditaksir hingga 50 Juta tersebut" kata Suparno.

Tersangka ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di Desa Karangpule, Kecamatan Sruweng pada Jum'at (5/4) pukul 21.00 Wib. Tersangka mengatakan, dia beraksi bersama lima teman. Dari bagi hasil yang dilakukan tersangka bersama komplotannya, NG telah menerima uang sebanyak 2 juta Rupiah.

"Uang itu telah digunakan untuk menyicil angsuran sepeda motor serta untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujar suparno.

Saat ini, tersangka masih menjalani sejumlah pemeriksaan dari penyidik. Tersangka dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara.

"Saat ini kami masih melakukan pengejaran terhadap para tersangka lainnya, yang diduga ikut terlibat dalam kasus ini," tandas dia. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Kebumen
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini