Garuda tergelincir, Bandara Adisutjipto masih ditutup

Kamis, 2 Februari 2017 10:02 Reporter : Purnomo Edi
Garuda tergelincir, Bandara Adisutjipto masih ditutup garuda tergelincir. ©chappyhakim/twitter

Merdeka.com - Pasca tergelincirnya pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA258, Rabu (1/2) pukul 19.50 Wib kemarin malam, pagi ini Kamis (2/2), Bandara Adisutjipto masih ditutup. Penutupan ini dilakukan karena masih menunggu proses evakuasi pesawat.

"Sesuai Notam B0754/17, Runway Bandara Adisutjipto ditutup mulai 1 Februari 2017 pukul 22.40 Wib hingga 2 Februari pukul 10.00 Wib. Saat ini masih menunggu evakuasi pesawat," ujar Humas Angkasa Pura I, Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadia saat dihubungi, Kamis (2/2) pagi.

Liza menambahkan bahwa proses evakuasi masih menunggu peralatan salvage dari Surabaya atau Jakarta via Solo. Mana yang lebih dulu datang, lanjut Liza, akan digunakan untuk mengevakuasi pesawat.

"Untuk sementara waktu, seluruh penerbangan dialihkan ke Bandara Adi Sumarmo, Solo. Pengalihan dilakukan hingga pesawat Garuda bisa dievakuasi dan runway bisa kembali digunakan," terang Liza.

Sebelumnya, pesawat garuda GA258 tujuan Jakarta-Yogyakarta tergelincir sejauh 1500 meter dari runway karena tergelincir saat akan mendarat. Hujan deras yabg mengguyur Yogya ketika itu diduga menjadi penyebab pesawat tergelincir.

Pesawat Garuda tersebut dipiloti oleh Captain Triyo Kurnia Bahagia dan membawa awak kabin sebanyak 7 orang. Pesawat juga membawa penumpang sebanyak 119 penumpang dengan rincian 115 penumpang dewasa dan 4 penumpang balita dengan usia di bawah dua tahun.

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat. Penumpang yang dievakuasi segera mendapatkan pemeriksaan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Dalam peristiwa ini tidak ada penumpang yang mengalami luka. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini