Gara-Gara Kabut Asap, Pasutri di Pekanbaru Gagal Honeymoon ke Yogyakarta

Senin, 23 September 2019 13:51 Reporter : Abdullah Sani
Gara-Gara Kabut Asap, Pasutri di Pekanbaru Gagal Honeymoon ke Yogyakarta Ilustrasi

Merdeka.com - Ari gagal honeymoon atau bulan madu bersama istri tercinta ke Yogyakarta. Sebab jadwal penerbangannya menggunakan maskapai Citilink batal berangkat dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menuju Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, Senin (23/9).

Pembatalan penerbangan yang dilakukan pihak maskapai dikarenakan jarak pandang yang terbatas hanya 500 meter, sementara standar Bandara SSK II pekanbaru minimal 800 meter. Itu dikarenakan kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Jambi.

Selain keberangkatan, 10 jadwal kedatangan beberapa maskapai juga menunda terbang ke Pekanbaru dari berbagai kota. Bahkan sejumlah jadwal penerbangan Citilink dari dan menuju Pekanbaru terpaksa dibatalkan.

"Rencana mau honeymoon di Yogyakarta, pakai Citilink harusnya berangkat pukul 07.45 WIB. Tapi delay 1 jam sampai beberapa kali. Dan akhirnya jam 11.00 WIB diumumkan kalau pesawatnya di-cancel," kata Ari saat ditemui merdeka.com.

Ari menyebutkan, dia juga telah memesan hotel di Yogya untuk menginap bersama istrinya. Namun pemesanan hotel tersebut terpaksa dibatalkan karena dia gagal berangkat dari Pekanbaru.

"Saya tinggal di Pekanbaru. Ya sudah memesan penginapan di Yogyakarta untuk 4 hari. Tapi saya batalkan, saya tidak tahu kapan akan berangkat lagi," terang Ari.

Ari memesan hotel untuk menginap 4 hari dan sudah dibayar. Uang itu hangus karena pembatalan yang dilakukan Ari. Dia mengalami kerugian sekitar Rp 3 juta hanya untuk penginapan saja.

"Karena memang kalau booking di bawah 6 hari, tak bisa dikembalikan uangnya. Satu malam itu Rp 800 ribu, jadi kerugian Rp 3 juta lebih," ucap Ari.

Ari juga belum bisa merencanakan kembali apakah dia akan keluar Pekanbaru atau tidak untuk bulan madu. Sementara waktu, dia lebih memilih menetap di Pekanbaru. Namun untuk pengembalian tiket, Ari mengaku dijanjikan 100 persen dari harga beli.

"Pihak Citilink bilang, refund 100 persen dikembalikan," pungkasnya.

Pantauan merdeka.com di Bandara SSK II Pekanbaru, ada 12 penerbangan keberangkatan dari Pekanbaru ke luar kota yang ditunda. Belum diumumkan sampai kapan masing-masing maskapai memberangkatkan kembali. Sementara untuk penerbangan keberangkatan yang dibatalkan ada 7 jadwal.

Selain itu, jadwal penerbangan kedatangan dari luar kota ke Pekanbaru, ada 10 jadwal yang ditunda. Pihak maskapai juga belum mengumumkan kapan pesawat mereka akan mendarat di Pekanbaru.

"Sampai dengan saat ini belum ada pesawat yang landing. Karena status belum berangkat dari bandara asal. Alas an belum berangkat karena jarak pandang di bandara terbatas, hanya 500 meter," ujar Executif General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prasetyo. [cob]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini