Ganjar Inisiasi Aplikasi Khusus untuk Melapor Aduan Tambang Ilegal di Jateng

Senin, 28 November 2022 22:29 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Ganjar Inisiasi Aplikasi Khusus untuk Melapor Aduan Tambang Ilegal di Jateng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyoroti beroperasinya puluhan tambang galian C di Kabupaten Klaten yang ramai diperbincangkan. Informasi itu datang dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menyebut ada beking di balik tambang ilegal tersebut.

"Kemarin Wali Kota Solo cerita ini bekingnya berat-berat, netizen juga ikut berbicara. Banyak galian C kita itu bermasalah, karena satu pasti banyak protes masyarakat jalannya rusak, sumber mata air hilang," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (28/11).

Sebagai tindak lanjut, Ganjar menginisiasi pembuatan aplikasi khusus terkait aduan-aduan dan informasi galian C ilegal di Jawa Tengah. Lalu, Ganjar juga meminta adanya kontak aduan yang terhubung langsung dengan pihak berwenang untuk menampung data galian C ilegal.

Ganjar menyebutkan, adanya galian C ilegal tidak hanya meresahkan masyarakat sekitar tambang saja. Tetapi, akibat kerusakan lingkungan dan akses jalan serta kehilangan sumber mata air. Pemerintah juga dirugikan karena tidak ada retribusi daerah yang masuk.

Oleh sebab itu, dia berupaya dengan menggandeng aparat kepolisian untuk bersama-sama menjadi garda terdepan dalam memberantas mafia tambang dan juga tambang galian C ilegal.

"Kalau penegak hukum berada pada barisan yang terdepan, insya Allah akan nyaman. Karena kebutuhan kita sangat banyak, sangat tinggi. Jangan khawatir, tapi harus mau kita atur kalau tidak rusak semua lingkungannya, daerah juga tidak dapat apa-apa, apalagi ilegal," tegas Ganjar.

Tak hanya tegas terhadap mafia tambang ilegal, Ganjar mengingatkan seluruh jajarannya di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi untuk tidak menerima suap terkait perizinan tambang.

2 dari 2 halaman

Menurutnya, semua kegiatan tambang galian C sudah ada peraturan tertulisnya yang harus dipatuhi seluruh pihak. Ancamannya pun juga telah tercantum. Baik ancaman hukuman kurungan penjara maupun denda dalam jumlah besar akibat kerusakan lingkungan.

"KPK datang, Bareskrim datang, Kejaksaan hadir, ESDM juga datang, yuk kita bangun bersama-sama. Agar nanti kelak kita tidak menangis kemudian hari. Ya longsor, sumber mata air hilang, pendapatan daerah tidak ada dan jalan sudah pasti rusak," ucap Ganjar.

"Agar tidak terjadi situasi yang moralnya rusak karena disogok dan ilegal, jangan kita diamkan saja. KPK sudah menyampaikan tadi silahkan ditata dengan baik, jangan sampai ada yang ilegal, rusak dan korupsi karena ini cerita sogokannya kan mengerikan," lanjut Ganjar.

Sebagai informasi, cuitan Gibran dalam akun twitternya menjadi perbincangan di media massa lantaran Gibran menyebut ada bekingan dalam tambang galian C ilegal di Klaten. Ganjar mengklarifikasi akan menindak tegas siapapun yang masih nekat melakukan aktivitas tambang galian C ilegal. [ray]

Baca juga:
Ganjar Akui Ada Tambang Ilegal di Klaten: Memang Backinganya Gede-Gede
Besok, Polisi Panggil Lagi Ismail Bolong Terkait Tambang Ilegal
Pengamat Ragu Ada Motif Balas Dendam Ferdy Sambo di Balik Kasus Tambang Ismail Bolong
Nyanyian Sambo dan Hendra soal Ismail Bolong Bikin Kapolri Turun Tangan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini