Gajah Liar Porak-porandakan Kebun Warga di Beungga Aceh

Kamis, 10 Oktober 2019 12:20 Reporter : Afif
Gajah Liar Porak-porandakan Kebun Warga di Beungga Aceh ilustrasi. ©2013 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Konflik gajah kembali terjadi di Mukim Beungga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Ancaman habitat berbadan besar itu sudah kerap terjadi dan terus berulang masuk hingga mendekati pemukiman warga.

Kondisi ini sudah cukup meresahkan warga setempat. Karena selain merusak perkebunan, juga perumahan warga terancam. Saat ini warga bahkan tidak berani pergi ke kebun. Padahal sumber pendapatan masyarakat selain pertanian adalah perkebunan.

Warga setempat menyampaikan gajah diperkirakan 40 ekor lebih berulang kali berada dalam perkebunan warga. Meskipun berkali-kali dihalau, gajah tersebut tetap kembali ke lokasi yang sama dan cukup dekat dengan perumahan warga.

"Kami sudah habis akal untuk menghalau gajah itu," kata Kepala Mukim Beungga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Ilyas, Kamis (10/10).

Mukim Ilyas mengaku masyarakat sudah habis kesabaran menghadapi gajah masuk dalam perkampungan. Setiap kali gajah tersebut dihalau, beberapa hari kemudian hewan bertubuh besar itu kembali ke lokasi yang sama. Sehingga membuat masyarakat resah dan takut.

Ia meminta pemerintah harus hadir untuk menyelesaikan konflik gajah tersebut. Tidak hanya sebatas menghalau, tetapi bisa mengatasi persoalan untuk selamanya, sehingga gajah tidak lagi masuk dan merusak perkebunan warga.

Sementara itu Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengaku sudah mengetahui ada gajah masuk ke perkebunan warga di Mukim Beungga. Saat ini tim sedang melakukan persiapan untuk turun ke lokasi untuk menghalau gajah liar tersebut.

"Tim kita, rangers sudah ada di lapangan, mereka sedang bersiap-siap untuk menghalau gajah," tegas Sapto.

Rencananya tim akan melakukan penghalauan gajah liar itu Jumat (11/10). Saat ini beberapa tim dari Banda Aceh sedang menuju ke lokasi. "Ada petugas yang sudah ada di sana, segera akan ditindaklanjuti," ungkapnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini