Gajah Liar Penuh Luka dan Tanpa Gading Ditemukan Mati di Bener Meriah Aceh

Jumat, 28 Desember 2018 10:26 Reporter : Lia Harahap
Gajah Liar Penuh Luka dan Tanpa Gading Ditemukan Mati di Bener Meriah Aceh gajah. shutterstock

Merdeka.com - Satu ekor gajah jantan liar ditemukan mati tanpa gading di Desa Pantan Lah, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Bangkai ditemukan pada Kamis (27/12) malam kemarin di jarak 3 kilometer dari rumah penduduk.

"Ditemukan mati dengan kondisi gading hilang. Gading gajah itu hilang seperti dipatahkan," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh. Demikian dikutip Antara, Jumat (28/12).

Gajah yang diperkirakan berumur 40 tahun itu diduga sudah mati sejak 15 hari lalu. Dugaan dilihat dari luka di tubuhnya yang sudah membusuk saat ditemukan.

Sapto mengatakan, gajah jantan anggota kawanan gajah liar di wilayah Pintu Rime Gayo itu memiliki luka lama pada pangkal leher atas.

Gajah itu, ia melanjutkan, empat bulan lalu diobati Tim BKSDA Aceh dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Ia belum bisa memastikan penyebab kematian gajah jantan tersebut, apakah karena dibunuh atau mati yang disebabkan luka.

"Tim BKSDA sudah menuju lokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah jantan. Setelah diperiksa baru bisa diketahui penyebab kematian, apakah karena dibunuh atau karena luka dideritanya," kata dia.

BKSDA Aceh, menurut dia, juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Bener Meriah terkait penemuan gajah mati tersebut. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini