Gagasan Ketua MA Dinilai Mampu Ciptakan Hukum yang Berkeadilan

Jumat, 19 Februari 2021 09:13 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Gagasan Ketua MA Dinilai Mampu Ciptakan Hukum yang Berkeadilan margarito kamis. ©2021 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Pakar hukum Margarito Kamis menilai, konsep heuristika hukum dapat menjawab tantangan dan perubahan zaman dalam proses penegakan hukum.

Margarito mengatakan, konsep heuristika hukum sebagai sebuah metode yang baru terdengar dalam jagat penegakan hukum di Indonesia, khususnya dalam proses tindak pidana korupsi.

"Ini merupakan suatu lompatan berpikir yang futuristik untuk memecahkan kekakuan hukum normatif yang terkesan lamban dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman," kata Margarito, dikutip dari Antara, Jumat (19/2).

Ide dan gagasan heuristika hukum merupakan buah dari pemikiran Ketua Mahkamah Agung HM Syarifuddin.

Selama kurang lebih 35 tahun menjalankan tugas sebagai Hakim, Ketua MA menyadari ada problematika klasik dalam penegakan hukum korupsi yang belum mendapatkan jawaban secara tuntas, tidak saja dalam dunia akademis, melainkan juga dalam dunia praktik.

syarifuddin ucap sumpah ketua ma
©2020 Istimewa

Permasalahan tersebut muncul sebagai akibat dari ketentuan hukum normatif dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi yang memberikan ruang sangat lebar bagi penegak hukum. Termasuk para hakim, untuk menentukan besaran dan lamanya hukuman dijatuhkan kepada pelaku tindak pidana korupsi.

Sehingga, penegakan hukum korupsi di Indonesia terkadang sangat kaku dan kurang memberikan rasa keadilan dan kemanfaatan bagi para pihak akibat penjatuhan sanksi pidana oleh hakim di pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung menuangkan konsep heuristika hukum dalam pidatonya saat pengukuhan sebagai Guru Besar Tidak Tetap pada Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang.

Baca Selanjutnya: Penegakan Hukum dengan Nurani...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Mahkamah Agung
  3. Kasus Korupsi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini