FX Rudy Pasrah Diminta Megawati Jadi Ketua DPC PDIP Solo Lagi

Minggu, 14 Juli 2019 21:50 Reporter : Arie Sunaryo
FX Rudy Pasrah Diminta Megawati Jadi Ketua DPC PDIP Solo Lagi fx rudyatmo. ©2019 Merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Meski dalam beberapa kesempatan menolak untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo, namun nyata FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, kembali terpilih. Wali Kota Solo itu kembali didaulat saat digelar Konferensi Cabang (Konfercab) belum lama ini.

Terpilihnya Rudy melalui Surat Rekomendasi Rancangan Calon Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPC PDIP Surakarta Masa Bakti 2019-2024, Nomor 5715/IN/DPP/VIII/2019 yang ditandatangani Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Rudy direkomendasi menjadi ketua dengan dibantu Teguh Prakosa sebagai sekretaris dan Joni Sofyan Erwandi sebagai bendahara.

Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa membenarkan kabar tersebut. Ia mengaku, bersama Rudy dan Joni dipanggil untuk menghadap Wakil Sekjen DPP PDIP Utut Adianto, Ketua Bidang Perekonomian DPP PDIP Hendrawan Supratikno dan Ketua DPP PDIP Bidang Badan Pemenangan Pemilu Bambang Dwi Hartono. Menurut Teguh, Rudy sempat menolak, namun karena tugas partai akhirnya diterima.

"Kalau saya lihat dari ekspresi wajahnya, beliau memang sebenarnya tidak senang. Sejak awal beliau sudah menyampaikan ke DPP tidak mau jadi ketua DPC lagi. Tapi kenyataannya beliau diamanahi lagi," ujar Teguh, Minggu (14/7) sore.

Rudy, dikatakannya, bahkan sempat mengajukan keberatan pada perwakilan DPP yang hadir. Namun saat perwakilan DPP menelepon ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Rudy akhirnya menyerah.

"Tadi teleponnya diserahkan ke Pak Rudy sendiri, beliau berbicara langsung dengan Bu Mega. Akhirnya itu jadi keputusan final," terangnya.

Sementara itu, Hadi Rudyatmo mengaku pernah mengajukan keberatan kepada Megawati, jika harus menjadi ketua DPC lagi. Apalagi ia sudah menjabat posisi yang sama sejak tahun 2000 lalu.

"Sebenarnya saya sudah matur (bilang) sama Mbak Mega langsung agar saya tidak dipilih lagi. Diminta membantu apa saja saya mau, asalkan tidak jadi Ketua DPC," katanya.

Namun demikian, dirinya hanya bisa pasrah, jika yang menugaskan ketua umum. "Kalau yang menegaskan ketua umum ya saya tidak bisa menolak," pungkas Rudy. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini