Frekuensi meningkat saat weekend, KAI imbau patuhi aturan di perlintasan sebidang

Sabtu, 22 September 2018 10:58 Reporter : Wuri
Frekuensi meningkat saat weekend, KAI imbau patuhi aturan di perlintasan sebidang Frekuensi KA tinggi saat weekend, KAI imbau patuhi aturan di pelintasan sebidang. ©KAI

Merdeka.com - Weekend sering dimanfaatkan sebagai momen yang pas untuk menikmati waktu bersama keluarga, entah itu dengan berwisata, mengunjungi saudara, atau sekadar menghabiskan waktu jalan-jalan di pusat kota. Mobilisasi yang padat juga berdampak pada frekuensi lalu lalang kendaraan, baik mobil pribadi maupun transportasi publik. Begitu pun dengan kereta api yang sering menjadi alternatif bagi masyarakat urban menuju kota di sekitarnya, seperti Jakarta – Bandung PP. Tak heran saat weekend tiba, KA selalu menambahkan jadwal perjalanan.

Kehadiran KA tambahan ini juga bisa mempengaruhi padatnya lintasan dan frekuensi perjalanan KA yang lewat perlintasan sebidang juga semakin tinggi. Memang sudah ada petugas jaga yang bersiaga di perlintasan sebidang, tapi KAI tetap dengan tegas mengimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi rambu perlintasan sebidang demi keselamatan bersama.

UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya. Karena itu, masyarakat pengguna jalan raya sepatutnya menyadari pentingnya mematuhi aturan di pelintasan sebidang ini.

"Tentu keselamatan bersama dapat terwujud dengan sinergi dan kerja sama dengan seluruh pihak. Tak hanya pada saat weekend atau libur hari-hari besar, tapi juga pada hari-hari biasanya. KAI sebagai operator perkeretaapian bertugas mengantarkan para pengguna jasa kereta api sampai dengan selamat hingga stasiun tujuan, dan Undang-Undang pun sudah mengatur sedemikian rupa bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di pelintasan sebidang,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Edi menambahkan, pengguna jalan raya harus tetap waspada dan mawas diri serta harus memperhatikan seluruh rambu lalu lintas dan tanda-tanda keselamatan yang ada. Akhir pekan atau weekend tentu cukup dinantikan karena dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga atau bepergian untuk melepas kepenatan setelah sepekan bekerja. Karena itu, jagalah keselamatan Anda, tetap waspada, dan patuhi rambu-rambu yang ada.

Jangan sampai kelalaian saat berkendara membuat weekend yang harusnya menyenangkan malah jadi merugikan banyak orang. Selamat menikmati akhir pekan, jangan lupa perhatikan selalu keselamatan, ya! [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini