Freddy ngaku pernah pakai mobil jenderal bawa narkoba, ini kata TNI

Jumat, 29 Juli 2016 15:32 Reporter : Yulistyo Pratomo
Freddy ngaku pernah pakai mobil jenderal bawa narkoba, ini kata TNI freddy budiman. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Terpidana mati Freddy Budiman sempat memberikan pengakuan kepada Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Haris Azhar. Dalam pertemuan yang berlangsung tahun 2014 lalu itu Freddy menyebutkan ada perwira TNI, Polri dan BNN yang terlibat, bahkan menerima uang setoran.

Dalam kesaksian Freddy yang dituliskan Haris, Freddy mengaku telah menyuap pejabat tinggi BNN hingga Rp 450 miliar dan Rp 90 miliar untuk polisi demi melancarkan bisnisnya mengimpor dan mengedarkan narkoba di Indonesia.

Tak cuma itu, dalam pengakuannya, Freddy pernah satu mobil dengan jenderal TNI bintang dua. Mobil itu berisi penuh dengan narkoba. Dia menyopiri mobil itu, sementara sang jenderal duduk di sampingnya dalam perjalanan Medan-Jakarta.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Tatang Sulaiman enggan menanggapi kabar yang diedarkan dari Haris tersebut. Sebab, informasi itu tak memberikan bukti-bukti otentik mengenai keterlibatan seorang jenderal dalam peredaran narkoba.

"Kita tidak mau menanggapi kabar tidak jelas seperti itu," kata Tatang saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (29/7).

Soal tudingan tersebut, Tatang mengaku kesulitan untuk menelusuri identitas jenderal berbintang dua yang keluar dari mulut Freddy. Sebab, perwira tinggi dengan pangkat yang sama cukup banyak dan terbagi dalam tiga matra, yakni darat, laut dan udara.

"Kalau tidak tunjukkan identitas susah, enggak bisa raba-raba, susah. Ada datanya lengkap baru dalami, kalau sifatnya bintang dua kan banyak, ada laut, ada darat, ada udara, kan susah," tegasnya.

Diketahui, beberapa jam sebelum eksekusi mati Freddy Budiman, beredar pengakuan koordinator KontraS Haris Azhar, atas cerita Freddy Budiman terkait kebusukan BNN dan Polisi dalam menjalankan tugas pemberantasan narkoba.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah meminta mengusut pengakuan Freddy Budiman ini. [tyo]

Topik berita Terkait:
  1. TNI Narkoba
  2. Jakarta
  3. TNI
  4. Fredi Budiman
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini