Fosil tengkorak Homo Erectus ditemukan di Sragen

Senin, 18 April 2016 13:14 Reporter : Arie Sunaryo
Fosil tengkorak Homo Erectus ditemukan di Sragen Fosil tengkorak Homo Erectus di Sragen. ©2016 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Fosil tengkorak Homo Erectus ditemukan sebuah fosil tengkorak Homo Erectus ditemukan di Sungau Bojong Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Temuan fosil berukuran panjang 14 cm, lebar 12 cm dan tinggi 10 cm atau lebih kecil dari homo sapien yang berukuran panjang 18 cm, lebar 14 cm dan tinggi 10 cm.

"Ini penemuan spektakuler yang dimiliki oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba, Sangiran," ujar Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba, Sangiran, Sukronedi, Senin (18/4).

Sukronedi mengatakan fosil tengkorak Homo Erectus ditemukan oleh Setu Wiryorejo penduduk detempat pada Sabtu, 6 Februari 2016 lalu. Saat itu, kata dia, Setu sedang bekerja di sawah dan menemukan fosil tersebut.

"Penemuan tersebut selanjutnya diteliti oleh ahli Paleoantropologi, Dr Harry Widianto. Hasilnya Fosil tengkorak Homo Erectus Homo Erectus arkaik. Ini mirip sekali dengan Sangiran 4 (S4). Tipe ini merupakan homo erectus yang paling tua yang hidup 1,5 juta hingga 1 juta tahun yang lalu," katanya.

Ia menambahkan, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba, Sangiran sangat mengapresiasi penemuan ini. Pihaknya akan memberikan penghargaan dan imbalan bagi penemu fosil. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Jakarta
  2. Arkeologi
  3. Situs Sejarah
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini