Forum Purnawirawan pejabat TNI-Polri dukung pembubaran HTI

Jumat, 12 Mei 2017 17:24 Reporter : Sania Mashabi
Massa HTI demo di Kedubes Rusia. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Forum Komunikasi Pimpinan Purnawirawan yang terdiri dari pensiunan pejabat TNI dan Polri mendukung pembubaran organisasi ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). HTI dianggap bisa menimbulkan konflik horizontal di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi serta mendukung sepenuhnya tindakan pemerintah untuk membubarkan HTI. Karena mengakibatkan meluasnya potensi konflik horizontal," kata Pengurus Pusat PPAD, Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, di Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Barat, Jumat (12/5).

Menurutnya, pembubaran ini harus dilakukan secara masif dan sistematis. "Pembubaran harus diikuti langkah strategis, seperti deradikalisasi secara masif, terencana, dan sistematis. Upaya ini harus dilakukan sejak usia dini," tuturnya.

Oleh karena itu, Kiki dan jajaran anggota Forum Komunikasi Pimpinan Purnawirawan berharap tindakan tegas ini bisa dilakukan tidak hanya pada HTI, tetapi juga pada setiap ormas yang miliki indikasi membahayakan kedaulatan Pancasila.

"Kami mengharapkan agar tindakan tegas serupa dapat pula di terapkan pada organisasi lain per orangan penyandang paham radikal lainnya yang bertentangan dengan Pancasila," pungkas Kiki.

Dalam acara jumpa pers ini, hadir juga perwakilan dari Persatuan Purnawirawan ABRI (PPABRI) Agum Gumelar, Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan Polri (PP Polri) Bambang Hendarso Danuri, Pusat Lembaga Veteran RI (LVRI) Marsda Suwitno, Persatuan Purnawirawan Angkatan Marsekal Madya Oka, dan Perwakilan dari Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut Laksamana Madya Putu Ardani. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.