Flash mob, gerakan massa cepat di abad informasi

Minggu, 30 September 2012 07:02 Reporter : Laurencius Simanjuntak
Flash mob, gerakan massa cepat di abad informasi Vancouver flash mob. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Minggu pagi yang biasanya lengang kala itu menjadi semarak. Pada 16 September lalu, sekitar 2.500 orang yang mengenakan kemeja kotak-kotak tiba-tiba berkumpul di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Mereka tidak datang dari satu arah seperti suporter sepakbola yang merayakan kemenangan tim kesayangannya, melainkan menyerbu dari segala penjuru. Mereka kemudian berkumpul pada satu titik.

Dari titik itulah, ribuan orang yang kebanyakan anak muda, menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ahok. Mereka menari dan bernyanyi untuk berkampanye bagi pasangan calon Pilgub DKI itu.

Aksi anak-anak muda kreatif, yang videonya kemudian tenar lewat Youtube itulah yang dinamakan flash mob. Pakar komunikasi budaya, James Carey (1989), mendefinisikan flash mob sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan, untuk melakukan suatu hal, seperti lelucon konyol dengan berteriak selama 30 detik dan cepat menyebar sebelum polisi tiba.

Massa biasanya dikomando melalui media sosial. Bagi beberapa kalangan, flash mob sering dianggap sebagai manifestasi khusus komunitas virtual di dunia nyata. Dalam konteks Pilgub DKI, barangkali 2.500 orang yang menyemut di Bundaran HI itu adalah bukti bahwa dukungan mereka di media sosial bukanlah sekadar celotehan kosong.

Di dunia, flash mob sudah banyak dilakukan banyak dilakukan oleh massa di sejumlah negara. Sebut saja di AS dan Belanda. Beberapa sumber menyebutkan flash mob pertama digelar di Kota Manhattan, New York, pada 2003. Bagaimana cerita flash mob selanjutnya?

Pada Minggu (30/9) ini atau dua pekan setelah flash mob kotak-kotak yang fenomenal di Bundaran HI, merdeka.com akan coba mengulas sejarah dan latar belakang pengerahan massa cepat lewat jaringan internet di abad informasi ini. Akan diulas juga flash mob yang fenomenal, baik yang di dalam maupun di luar negeri. Selamat membaca. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Flashmob
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini