FKPT Jateng Tolak Rencana Pemerintah Pulangkan WNI Eks Simpatisan ISIS

Senin, 10 Februari 2020 10:22 Reporter : Danny Adriadhi Utama
FKPT Jateng Tolak Rencana Pemerintah Pulangkan WNI Eks Simpatisan ISIS anak-anak ISIS. ©2014 merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah menolak rencana pemulangan WNI eks simpatisan ISIS ke Indonesia. Jika pemerintah tidak tegas, nantinya dikhawatirkan sel-sel tidur eks teroris bakal bergerak lagi dan menjadi beban Pemprov Jateng.

"Banyak mantan eks teroris yang masih diawasi. Contoh saja narapidana teroris yang menjalani pidana, mereka rata-rata masih terbawa ideologi ISIS. Tentu lebih sulit lagi ketika menerima orang yang sudah terpapar," kata Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng, Samsul Huda, Senin (10/2).

Dia mengungkapkan dari informasi yang didapat banyak WNI eks kombatan ISIS berasal dari Jateng. Maka dari itu, ia berpendapat bahwa wacana pemulangan eks ISIS ke Indonesia sangat kontradiksi dengan semangat memerangi gerakan radikalisme dan terorisme di Indonesia.

"WNI eks ISIS sudah jelas terpapar, bukan hanya terindikasi. Mereka sudah jelas bergabung dengan kelompok ISIS, kemudian mau diterima kembali ke Indonesia. Ini sangat aneh dan sangat kontradiksi dengan semangat yang ada. Wajar kalau masyarakat banyak yang menolak," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sedangkan program deradikalisasi di Jawa Tengah sedang mengalami kesulitan saat ini. Jika mereka kembali, pihaknya mempertanyakan siapa yang akan siap menangani.

"Yang ada jadi beban pemerintah daerah di mana eks kombatan ISIS itu berasal," ungkapnya.

Persoalan tidak akan selesai setelah 600 eks anggota ISIS itu dipulangkan ke Indonesia. Ia meminta agar wacana pengembalian eks ISIS ke Indonesia dikaji secara komprehensif. Apabila belum ada argumen yang pasti, pemerintah tidak boleh mengeluarkan wacana yang dapat meresahkan masyarakat.

"Harus dikaji mulai dari aspek hukum, sosial, agama, keamanan dan dampaknya kepada masyarakat dan keutuhan negara," tutup Samsul Huda. [ray]

Baca juga:
Pengusaha Khawatir Pemulangan WNI Mantan ISIS Bikin Buruk Ekonomi RI
Bahagia di Indonesia, Sengsara di Suriah
Hijrah ke Suriah Berujung Petaka
Diperlukan Aturan Hukum Khusus Terkait Pemulangan WNI Eks ISIS
Komisi I Sebut Jokowi Sudah Kode Keras Tolak Pulangkan WNI eks Kombatan ISIS
Pemerintah Indonesia Tak Punya Data WNI eks Kombatan ISIS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini