Firli dan Tumpak Sambut Baik Indriyanto Seno Adji Jadi Dewan Pengawas KPK

Rabu, 28 April 2021 16:31 Reporter : Merdeka
Firli dan Tumpak Sambut Baik Indriyanto Seno Adji Jadi Dewan Pengawas KPK Mantan Komisioner KPK Indriyanto Seno Adji. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri menyambut baik kabar Indriyanto Seno Adji yang akan mengisi jabatan sebagai anggota Dewan Pengawas KPK. Indriyanto akan menggantikan Artidjo Alkostar yang meninggal pada 28 Februari 2021.

"Kami menyambut baik, dan mengucapkan selamat atas kepercayaan negara kepada Prof ISA (Indriyanto) sebagai anggota Dewas KPK," katanya dalam keterangannya, Rabu (28/4).

Firli yakin dengan kehadiran Indriyanto akan memperkuat kinerja Dewas KPK. Sebab, Indriyanto juga bukan orang baru bagi KPK. Indriyanto pernah menjabat pelaksana tugas pimpinan KPK. Indriyanto juga salah satu tim panitia seleksi (pansel) yang meloloskan Firli cs menjadi pimpinan KPK.

"Saya yakin dan sungguh berharap beliau akan memperkuat tugas-tugas Dewas KPK guna menjamin pemberantasan korupsi yang berdaya guna dan berhasil guna sehingga Indonesia bebas dan bersih dari praktik korupsi," ujarnya.

Harapan serupa dilontarkan oleh Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean. Menurut Tumpak, Indriyanto merupakan salah satu sosok yang berpengalaman dengan lembaga antirasuah.

"Kami dari Dewas sangat mendukung sekali karena yang bersangkutan sudah berpengalaman juga di KPK sebagai Plt pimpinan KPK," kata Tumpak.

Sementara anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menyatakan siapa pun yang akan menggantikan Artidjo diharapkan bisa bersinergi dengan anggota Dewas KPK lainnya.

"Soal pengganti almarhum Pak Artidjo sebagai anggota Dewas tentu saja merupakan wewenang Presiden. Dewas dalam posisi menerima siapa pun yang akhirnya ditunjuk oleh Presiden," kata Syamsuddin.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melantik Indriyanto Seno Adji menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (28/4/2021). Mantan Plt Wakil Ketua KPK itu menggantikan Artidjo Alkostar.

"Iya (Indriyanto Seno Adji juga akan dilantik menjadi Dewas KPK)," ujar sumber Liputan6.com di Istana saat dikonfirmasi, Rabu (28/4).

Guru Besar Ilmu Hukum Pidana dari Universitas Indonesia itu nantinya akan dilantik bersama 2 calon menteri dan satu kepala lembaga di Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka antara lain, calon Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek) yang akan diisi oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Kemudian, calon Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain itu, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksono Tri Handoko yang akan dilantik Jokowi menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi.

"Ada Menteri Dikbud-Ristek, (Menteri) Investasi, Kepala BRIN (yang akan dilantik)," kata sumber yang sama.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Dewan Pengawas KPK
  3. KPK
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini