Festival toilet bersih, cara unik Anas dongkrak wisata Banyuwangi

Sabtu, 14 Februari 2015 01:01 Reporter : Sri Wiyanti
Festival toilet bersih, cara unik Anas dongkrak wisata Banyuwangi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memiliki beberapa ide memajukan potensi daerahnya, terutama di bidang pariwisata. Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saat ini sedang melaksanakan dua festival unik agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke wilayahnya.

"Festival internasional toilet bersih. Ada festival toilet bersih sama festival bedah rumah," kata Azwar di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/2).

Festival toilet bersih, menurut Azwar, dilaksanakan atas dasar keprihatinan atas posisi Indonesia yang menempati posisi 122 dari 144 negara menurut kategori negara yang higienis dan bersih.

"Bagaimana mungkin target pariwisata 12 juta tercapai kalau indikator kebersihannya masih rangking 122. Kenapa toilet difestivalkan? Karena toilet selama ini hanya halaman belakang, padahal bule kalau ke Indonesia indikator pertamanya adalah toilet, maka di Banyuwangi difestivalkan," papar Azwar.

Festival toilet bersih yang berlangsung selama setahun ini, diakui berkaca dari banyak negara, salah satunya adalah Malaysia.

"Banyak (negara), yang paling deket saya kira Malaysia. Meski belum hebat, tandasnya bersih-bersih ya. Dulu ada gerakan tandas (toilet) bersih di Malaysia," tutur Azwar. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini