Febri Diansyah, dari ICW jadi juru bicara KPK

Selasa, 6 Desember 2016 09:08 Reporter : Lia Harahap
Febri Diansyah, dari ICW jadi juru bicara KPK Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk aktivis antikorupsi dari Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai juru bicara yang baru. Peraih Charta Politika Award 2012 ini akan menjabat sebagai kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) KPK. "Iya benar," singkat juru bicara KPK Yuyuk Andriati kepada merdeka.com, Selasa (6/12).

Dia mengatakan, Febri akan dilantik hari ini dan akan langsung bertugas. Namun dia tidak menjelaskan lebih detail terkait penunjukan dan pelantikan Febri.

Sebelum mengemban jabatan baru sebagai juru bicara KPK, Febri sebenarnya sudah sejak lama bergabung dengan lembaga yang berkantor di kawasan Rasuna Said itu. Febri lebih dulu menjabat pegawai fungsional Direktorat Gratifikasi KPK.

Jauh sebelum bergabung di KPK, pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada tahun 2007 itu adalah seorang aktivis anti-korupsi Indonesia. Bersama teman-temannya dia aktif LSM yang bergerak di bidang pemantauan pemberantasan korupsi yaitu Indonesia Corruption Watch (ICW). Di ICW, Febri menjabat sebagai program monitoring hukum dan peradilan, dengan tugas memantau jalannya proses peradilan kasus-kasus korupsi di Indonesia.

Pada Februari 2012, Febri pernah menerima penghargaan sebagai aktivis dan pengamat politik paling berpengaruh pada tahun 2011. Penghargaan ini diberikan oleh lembaga riset politik Charta Politika Indonesia atas intensitas pernyataan Febri pada isu-isu korupsi, seperti kasus Wisma Atlet, Undang-undang KPK, pemberantasan korupsi, kasus cek pelawat, dan seleksi pimpinan KPK, yang dianggap tertinggi dibanding pengamat dan aktivis lain. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. ICW
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini