Fans MotoGP Sangat Banyak, Jokowi Minta Transportasi ke Sirkuit Mandalika Maksimal

Kamis, 13 Januari 2022 17:01 Reporter : Merdeka
Fans MotoGP Sangat Banyak, Jokowi Minta Transportasi ke Sirkuit Mandalika Maksimal Jokowi jajal Jalan Bypass BIL-Mandalika. ©Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk memastikan moda transportasi untuk penonton MotoGP, dari Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini mengingat ada sekitar 63.000 tiket yang akan dijual untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Moda transportasi dari bandara atau dari Kupang menuju ke Mandalika itu betul-betul terhitung betul kebutuhannya. Sehingga jangan sampai ini kita mengelola 63.000 bukan barang mudah," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Mandalika MotoGP di Lombok NTB, Kamis (13/1).

Adapun jumlah itu belum dihitung dengan masyarakat setempat yang kemungkinan juga datang untuk menonton MotoGP Mandalika. Jokowi mengingatkan bahwa ada banyak sekali fans atau penggemar ajang MotoGP di Indonesia.

"Sekali lagi, ini MotoGP penggemarnya banyak. Di Indonesia penggemarnya sangat banyak. Bukan banyak, sangat banyak," katanya.

Selain itu, Jokowi mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membenahi jalan bypass Bandara Internasional Lombok menuju Sirkuit Mandalika. Mulai dari penataan jalan, penghijauan kawasan sepanjang jalan, perluasan dan penataan jalan menuju Mandalika hingga pelebaran jalan.

Pembenahan tersebut ditargetkan rampung pada akhir Februari 2022. Di samping itu, pemerintah melakukan pelebaran jalan kota tua serta penataan pemukiman masyarakat yang akan dijadikan homestay atau tempat penginapan.

"Homestay maupun warung penjualan souvenir, warung yang berjualan makanan semuanya agar bisa di-upgrade sehingga wajah Mandalika ini betul-betul pada saat MotoGP berubah," jelas Jokowi.

Dia juga meminta agar pembenahan fasilitas dan infrastruktur di dalam Sirkuit Mandalika dipercepat, agar tak terlalu dekat dengan pelaksanaan MotoGP. Jokowi turut mengingatkan agar sistem drainese di area Sirkuit Mandalika betul-betul diperhatikan.

"Yang kemarin masih kelihatan agak bermasalah meskipun ini sudah dikerjakan juga sistem drainsase yang menampung kalo ada curah hujan yang tinggi. Ini juga hati-hati, jangan nanti ada alasan karena curah hujannya ekstrem, nanti enggak siap sistem drainase kita," tutur Jokowi.

Berdasarkan kalender MotoGP, pelaksanaan Grand Prix Indonesia di Sirkuit Mandalika akan berlangsung di bulan Maret mendatang. Sementara itu, pada bulan Februari dijadwalkan tes resmi MotoGP di sirkuit tersebut.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Jokowi Minta Jajaran Pastikan Pelaksanaan MotoGP Mandalika Aman dari Covid-19
Jokowi Tak Ingin Insiden Unboxing Logistik Superbike Terjadi di MotoGP Mandalika
Pemerintah Terapkan Travel Bubble saat Gelaran MotoGP Mandalika, Begini Skemanya
Aksi Jokowi Geber Motor Custom di Jalan Bypass BIL-Mandalika
Presiden Jokowi Minta Penataan Fasilitas Menuju Sirkuit Mandalika Tuntas Februari
Momen Jokowi Tinjau Penataan Sejumlah Infrastruktur di Mandalika

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini