Fakta-Fakta Sosok Anggota TNI Prada DP Diduga Pelaku Mutilasi Fera Oktaria

Selasa, 14 Mei 2019 05:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Fakta-Fakta Sosok Anggota TNI Prada DP Diduga Pelaku Mutilasi Fera Oktaria Ilustrasi mayat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Terduga pelaku pembunuhan berinisial DP masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kodam II Sriwijaya. DP, yang masih menjadi anggota TNI berpangkat Prada diduga membunuh Fera Oktaria dengan cara memutilasi.

Untuk mencari keberadaan terduga pelaku, pihak TNI menyebar foto Prada DP untuk mempersempit ruang gerak terduga pelaku. Lalu, seperti apa sosok Prada DP itu?

1 dari 5 halaman

Masih Mengenyam Pendidikan

Prada DP dilantik menjadi anggota TNI tahun lalu. Kini ia sedang mengenyam pendidikan di Sartaif Rindam II/Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Status Prada DP saat ini masih siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama Infanteri di Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya.

Dalam catatan pendidikannya, Prada DP tidak pernah ada masalah tidak ada hal yang menonjol. Dia dilantik menjadi anggota TNI belum satu tahun atau pada 2018.

2 dari 5 halaman

Sudah Beberapa Kali Disersi Sejak 4 Mei 2019

Prada DP sudah beberapa kali disersi atau absen latihan sejak 4 Mei 2019 lalu. Prada DP disersi dari Depo Pendidikan dan Latihan Tempur Kodam II/Sriwijaya di Baturaja.

"DP masih kami buru, setelah DP lari dari latihan sejak 4 Mei 2019 lalu. Prada DP disersi dari Depo Pendidikan dan Latihan Tempur Kodam II/Sriwijaya sejak 4 mei 2019," kata Komandan Sub Detasemen Polisi Militer TNI AD II/4-4 Baturaja, Kaptem CPM Gatot Udiyono.

Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan mengungkapkan, DP kabur dari tempat latihan tanpa izin atau alasan selama beberapa hari. Kemudian pada 10 Mei 2019 mayat korban ditemukan dan muncul dugaan pelakunya adalah Prada DP.

"DP desersi sejak tanggal 4 Mei dan tanggal 10 Mei ada pemberitaan penemuan mayat," ungkap Djohan, Senin (13/5).

3 dari 5 halaman

Prada DP Berpacaran dengan Fera Selama 4 Tahun

Kabarnya, Prada DP pernah berpacaran dengan Fera Oktaria. Bahkan keduanya menjalin cinta sudah empat tahun.

Selama berpacaran, Prada DP sering berbuat kasar. Bahkan main tangan pada korban. "Sudah pacaran empat tahun lalu," kata Kapendam II Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan.

Fakta lainnya, Prada DP dengan Fera ternyata masih tetanggaan. Alamat rumah keduanya tidak terlalu jauh.

4 dari 5 halaman

Ditemukan Sidik Jari Prada DP di Dinding Kamar

Prada DP diduga menyewa sebuah kamar di Penginapan Sahabat Mulya, Kecamatan Sungai Lilin, Palembang, Sumatera Selatan. Diduga Prada DP melakukan pembunuhan dan mutilasi di kamar tersebut.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, penyidik menemukan sidik jari DP di dinding kamar yang disewanya. Untuk memastikannya, sidik jari tersebut diteliti di Puslabfor. "Sidik jari itu diduga milik DP," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Pelaku Memutilasi Hingga Berusaha Hilangkan Jejak

Hingga kini Prada DP masih menjadi terduga pelaku pembunuhan korban Fera Oktaria. Sebelum tewas, Fera disiksa hingga meninggal. Setelah diketahui tewas, pelaku memotong tangan sampai siku Fera Oktaria.

Untuk menghilangkan jejak, pelaku mencoba membakar kamar. Namun cara ini gagal. Usai kejadian ini, Prada DP menghilang dan masih menjadi orang paling dicari oleh Kodam II Sriwijaya. Bahkan pihak Kodam sampai menyebarkan foto Prada DP dalam pencarian. [has]

Baca juga:
Jika Terbukti Sebagai Pembunuh Fera, Prada DP Diserahkan ke Denpom II Sriwijaya
Sebelum Tewas Dimutilasi, Fera Sudah Berpacaran 4 Tahun dengan Prada DP
Kodam II Sriwijaya & Polda Sumsel Keluarkan DPO Pelaku Mutilasi Fera
Korban Mutilasi Banyuasin Sempat Mau Dibakar Pelaku
Pelaku Pembunuhan dan Mutilasi Fera Diduga Anggota TNI

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini