Fahri soal Pemindahan Kedubes Australia ke Yerussalem: Itu Bukan Urusan Kita

Senin, 26 November 2018 12:07 Reporter : Sania Mashabi
Fahri soal Pemindahan Kedubes Australia ke Yerussalem: Itu Bukan Urusan Kita Fahri Hamzah. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengomentari ucapan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait keputusan Australia untuk pemindahan kedutaan besar (kedubes) dari Tel Aviv ke Yerussalem. Menurut dia, memang pada dasarnya pemindahan kedubes tersebut bukan urusan Indonesia.

"Itu saya kira bukan urusan kita. Memang bukan urusan kita tetapi kita tentu jadi tahu, oh Australia begini rupanya. Saya kira itu enggak ada masalah itu," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/11).

Fahri mengatakan selama ini Indonesia tidak pernah diminta pertanggungjawaban ataupun pendapat terkait pemindahan Kedubes Australia. Karena itu, ia menilai ini bukan urusan Indonesia.

"Emang kita diminta pertanggungjawaban dan diminta pendapat? Enggak diminta kok. Tapi sebagai tetangga oh ternyata Australia begitu. ya udah itu aja kok," ujarnya.

Meski begitu, Fahri menjelaskan, bahwa secara negara, Indonesia tetap memiliki sikap sendiri terhadap Israel. Kata dia salah satunya tercantum pada konstitusi, Indonesia tidak akan mengakui Israel sebagai negara. Dia pun yakin Prabowo mengerti sikap Indonesia selama ini.

"Itu politik Indonesia adalah against negara yang bernama Israel itu. Jadi itu final ya, satu soal final. Dan saya kira Pak Prabowo mengerti ini ya, dia kan seorang saptamargais yang tahu posisi negara Republik Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang berencana memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv Ke Yerusalem. Sebab menurut Prabowo Australia memiliki hak memutuskan kehendaknya sebagai negara merdeka yang berdaulat.

"Australia merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus hargai keputusan mereka," kata Prabowo saat menghadiri kegiatan Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (21/11). [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini