Fahri sebut tugas pertama Anies-Sandi adalah persatukan warga DKI

Senin, 16 Oktober 2017 19:03 Reporter : Sania Mashabi
Pelantikan Anies-Sandi. ©REUTERS/Beawiharta

Merdeka.com - Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan bahwa hal pertama yang harus dilakukan oleh Anies-Sandi adalah menyatukan warga Jakarta.

"Menurut saya yang pertama-tama harus menjadi kesadaran begitu agar sedari awal Anies dan Sandi tidak mengulang kesalahan untuk membelah belah masyarakat. Jadi lah yang mempersatukan dan mendamaikan dan mengharmonikan dan jadilah yang bisa diterima semua pihak begitu," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

Walaupun sebenarnya mempersatukan masyarakat adalah tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fahri berpendapat bahwa Anies-Sandi juga memiliki andil dalam mempersatukan kembali warga Jakarta. "Sebenarnya tugas itu adalah tugas Presiden. Cuma kita agak sayang dan cukup dirugikan oleh satu situasi dimana Presiden kita pun menjadi bagian dari satu konflik yang seharusnya Presiden tidak boleh menjadi bagian dari konflik," ujarnya.

"Tetapi karena sudah terjadi ada tanggung jawab dari pada Anies dan Sandi untuk menjadi bagian dari mengintegrasikan tadi," ungkapnya.

Sedangkan terkait dengan ketidakhadiran mantan Gubernur Djarot Syaiful Hidayat dalam pelantikan Anies-Sandi, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai sebagai tradisi yang buruk. Serta seharusnya tidak berkelanjutan.

"Nah itu sebenarnya tradisi buruk. Harusnya keberlanjutan itu dijaga. Yah cukup lah di masa yang lalu ada presiden kita yang tidak menyelesaikan itu. Harusnya selesaikan. Hari ini semua selesai," ungkapnya.

"Mungkin Djarot disuruh orang untuk begitu. Tetapi sebenarnya tidak perlu. Harus selesai sudah," ucapnya. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.