Fahri: Papua Perlu Langkah Luar Biasa Jokowi, Tak Bisa Cuma Imbauan Datar

Jumat, 30 Agustus 2019 10:18 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fahri: Papua Perlu Langkah Luar Biasa Jokowi, Tak Bisa Cuma Imbauan Datar fahri hamzah. ©2018 Merdeka.com/dokumen pribadi

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mengambil langkah luar biasa untuk menangani kerusuhan di Papua. Fahri mengatakan, Jokowi tidak bisa mengeluarkan imbauan datar seperti yang disampaikannya tadi malam.

"Perkembangan terbaru di Papua itu sesungguhnya memerlukan langkah-langkah yang luar biasa dari presiden, tidak bisa presiden hanya mengeluarkan imbauan-imbauan yang datar ya, dalam situasi seperti sekarang," ujar Fahri kepada wartawan, Jumat (30/8).

Menurut Fahri, Jokowi harus memberikan pesan yang bisa menyentuh hati masyarakat Papua. Teruntuk mereka yang merasa ada yang tidak beres dengan cara pandang terhadap Papua.

"Presiden harus mewakili seluruh bangsa Indonesia, dan menjelaskan secara gamblang rencananya-rencananya ke depan dan tindakan-tindakan yang harusnya sudah akan diambil dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat," kata Fahri.

"Sambil tentunya mendengar apa yang sekarang dalam jangka pendek dituntut oleh masyarakat dan lalu kemudian kita mencoba membangun pengertian jangka panjang tentang keadaan kita," imbuhnya.

Mengapa tindakan tersebut penting, menurut Fahri, ada orang yang berupaya membawa masalah ini di tingkat internasional. Penanganan yang luar biasa ini perlu karena bukan persoalan kecil. Kata Fahri, persoalan terdalamnya ada dalam hati masyarakat Papua.

Kata Fahri, Jokowi sebagai presiden memiliki tugas berat. Karena Jakarta dan Papua tidak hanya mengandung jarak fisik, melainkan jarak psikologis yang harus dijembatani secara luar biasa.

"Sekali lagi, pihak yang pemain di kasus Papua selalu banyak, terutama pihak internasional yang selalu ingin agar kedamaian dan stabilitas di Papua itu tidak pernah selesai," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini