Fahri ingatkan Jokowi segera transfer uang rehabilitasi untuk warga Lombok

Senin, 15 Oktober 2018 15:09 Reporter : Jayanti
Fahri ingatkan Jokowi segera transfer uang rehabilitasi untuk warga Lombok Jokowi kunjungi korban gempa Lombok. ©Setpres RI

Merdeka.com - Sejak gempa melanda Lombok NTB 29 Juli lalu, warga yang rumahnya rusak akibat gempa masih menunggu bantuan agar tempat tinggal mereka segera diperbaiki. Namun menurut Wakil ketua DPR Fahri Hamzah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal memenuhi janjinya terkait uang rekonstruksi rumah-rumah korban.

"Pak Jokowi sepertinya slip of tongue, salah ngomong kemarin waktu menjanjikan uang Rp 50 juta itu, tidak ada kemajuan. Usul saya transfer aja dulu Rp 10 juta juga secara bertahap biar orang itu ada kerjaan," ujar Fahri di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/10).

Dia menyampaikan korban di NTB saat ini terhambat proses rekonstruksi akibat tidak memiliki uang. Menurutnya agar para korban mulai melakukan perbaikan dari tahap kecil sebaiknya diberikan dana yang dijanjikan, meski bertahap.

"Kasih saja bertahap sesuai kebutuhan mereka, biar orang yang penting mulai kerja membangun rumahnya. Enggak usah pemerintah pusat yang atur mereka, warga juga bijak harus bagaimana dengan uang itu. Yang penting transfer aja dulu kalau enggak pemerintah bikin semua pihak stres," cetus Fahri.

Fahri pun turut menyinggung bencana gempa lainnya yang terjadi di beberapa daerah belakangan ini diduga akibat pemerintah yang sering membohongi rakyatnya.

"Jangan-jangan gempa beruntun ini karena hak rakyatnya enggak dikasih. Saya punya keyakinan pemerintah yang suka menzalimi dan berbohong itu disebut Tuhan mulai bosan maka terjadilah bencana," katanya.

Fahri menyampaikan agar pemerintah segera menyelesaikan persoalan ini sehingga rakyat mendapat kepastian yang jelas.

"Atau pemerintah umumkan saja enggak ada bantuan kalau emang enggak sanggup, biar orang enggak usah tunggu, nanti rakyat akan atur diri sendiri. Tapi kasih kepastian, jangan dijanjikan uang," tandasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini