Fadli Zon sebut Turki dukung Indonesia reformasi PBB

Jumat, 31 Juli 2015 20:40 Reporter : Rizky Andwika
Fadli Zon sebut Turki dukung Indonesia reformasi PBB Jokowi terima Presiden Turki. ©REUTERS/Darren Whiteside

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa Indonesia dan Turki sepakat menginginkan reformasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kesepakatan tersebut menjadi pembahasan saat pertemuan antara DPR dan Presiden Turki M Tuan Recep Tayyip Erdogan di Gedung DPR, hari ini.

"Indonesia dan Turki adalah negara besar harus bisa berperan di PBB," kata Fadli, Jumat (31/7).

Keinginan tersebut didasari karena saat ini PBB hanya dikuasai oleh lima negara yang memiliki hak veto, Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, Prancis dan Inggris. Dalam pertemuan tersebut, kata Fadli, Erdogan menyampaikan telah melobi Tiongkok agar Indonesia dan Turki dapat dilibatkan.

"Presiden Tiongkok sudah menyambut baik," kata Fadli.

Apalagi, kata Fadli, reformasi PBB merupakan usulan dari Presiden Joko Widodo. Sehingga ke depan diharapkan banyak negara yang dilibatkan dalam PBB.

"Seolah-olah dunia ini hanya dimiliki oleh lima negara itu," katanya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hampir satu jam itu, Ketua DPR Setya Novanto didampingi oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, Wakil Ketua Komisi I Tantowi Yahya dan Ketua badan Kerjasama antar parlemen, Nurhayati Assegaf. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini