Fadli Zon sebut SBY tak bisa polisikan Firman Wijaya

Kamis, 8 Februari 2018 15:21 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Fadli Zon sebut SBY tak bisa polisikan Firman Wijaya Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bisa mempolisikan pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, atas dugaan pencemaran nama baik. Untuk diketahui, SBY melaporkan Firman ke Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

"Kalau misalnya dia melakukan satu pembelaan di muka pengadilan, dan itu sesuai dengan aturan yang ada, harusnya tidak bisa dikriminalisasi. Apalagi menyampaikan fakta-fakta yang memang didukung oleh bukti-bukti yang akurat," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/2).

Fadli menuturkan, semua pihak sebaiknya mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya, tugas seorang pengacara memang membela kliennya dalam persidangan.

"Profesi pengacara tugasnya ya memang membela kliennya atau orang yang dibelanya. Dan mestinya kita proporsional saja," tegasnya.

Wakil Ketua DPR ini menduga pernyataan Firman yang menyebut nama SBY di kasus e-KTP, tidak ada maksud melakukan penghinaan atau mencemarkan nama baik.

"Mungkin apa yang dilakukan Firman Wijaya bisa saja memang harus dilakukan di muka persidangan itu, dan tidak ada maksud melakukan sesuatu penghinaan atau pencemaran nama baik," tandas Fadli.

Diketahui, SBY melaporkan kuasa hukum terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto, Firman Wijaya terkait pencemaran nama baik terhadapnya. Laporan dibuat SBY tercatat dalam nomor LP/187/II/2018/Bareskrim, tanggal 6 Februari 2018. Selain mencemarkan nama baik, Firman dinilai SBY memfitnahnya.

"Saya sebagai warga negara yang menaati hukum tetapi juga ingin mencari keadilan secara resmi melaporkan saudara Firman Wijaya yang saya nilai telah melakukan fitnah dan mencemarkan nama baik saya berkaitan dengan permasalahan e-KTP. Selebihnya saya serahkan kepada Tuhan maha kuasa Allah SWT," kata SBY. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini