Fadli Zon Minta Pemerintah Libatkan Ekonom & Akademisi Kaji Pemindahan Ibu Kota

Jumat, 16 Agustus 2019 15:32 Reporter : Sania Mashabi
Fadli Zon Minta Pemerintah Libatkan Ekonom & Akademisi Kaji Pemindahan Ibu Kota Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan. Menurut dia, pemerintah harus serius mengkaji wacana tersebut.

"Ini harus ada satu kajian yang sangat serius. Menyangkut masalah pemindahan Ibu kota bukan persoalan sekedar keinginan tapi juga segala sesuatu menyangkut infrastruktur, sumber daya, pemerintahan dan lain-lain," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Fadli mengatakan, negara lain memerlukan waktu yang cukup banyak dalam membuat kajian pemindahan Ibu Kota. Kajian pemindahan Ibu Kota Indonesia juga perlu melibatkan akademisi.

"Saya kira para ekonom kalangan akademisi juga harus dilibatkan mengkaji ini dan terukur. Kan kita ingin kalau pemindahan ibu kota ini ada satu solusi dengan maksud baik untuk pemerataan," ungkapnya.

Politikus Partai Gerindra ini menilai kajian pemindahan Ibu Kota Indonesia masih sangat mentah serta minus di pendalaman kajian soal keuangan.

"Pendalamannya kan uangnya dari mana, kemudian time tabel seperti apa, berapa tahun kita mau pindahkan Ibu Kota. Artinya kita harus bangun infrastruktur di tempat Ibu Kota baru itu," ujarnya.

"Lahannya, kemudian pemindahan tempat tempat dan SDM dan segala sesuatu itu harus dihitung keperluannya dan berapa lama kita pindahkan itu," sambungnya.

Oleh karena itu, dia meminta pemindahan Ibu Kota ini memperhatikan kondisi ekonomi Indonesia. Alasannya saat ini kondisi ekonomi sedang tidak terlalu baik.

"Walau gagasan ini bukan baru, tapi harus dilihat juga kondisi ekonomi kita. Apa yang jadi prioritas kita. Apa pemindahan Ibu kota sudah menjadi prioritas kita dalam kondisi ekonomi saat ini yang ada perang dagang, utang semakin membesar, daya beli menurun dan sebagainya. Ini harus dipikirkan," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi, dalam pidato kenegaraan 2019, meminta izin Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta. Presiden menegaskan ibu kota akan dipindahkan ke pulau Kalimantan. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini