Evakuasi Warga Kiwirok Terkendala Keterbatasan Transportasi dan Cuaca

Kamis, 23 September 2021 18:50 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Evakuasi Warga Kiwirok Terkendala Keterbatasan Transportasi dan Cuaca TNI Evakuasi 10 Korban Penyerangan KKB di Kiwirok. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan siap mengevakuasi warga sipil yang ingin keluar dari Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

"TNI-Polri siap membantu warga mengevakuasi warga sipil yang ingin keluar sementara dari Kiwirok, setelah mengalami teror yang dilakukan KKB," kata Irjen Pol. Fakhiri di Jayapura, Kamis (23/9).

Dia mengakui, saat ini masih warga sipil yang berada di Kiwirok nampak belum semua karena keterbatasan transportasi karena lapangan terbangnya hanya dapat didarati pesawat berbadan kecil dan cuaca yang sering berubah dengan cepat. Untuk personel TNI-Polri saat ini sudah ditambah dan bergabung dengan personel yang bertugas di Kiwirok.

Namun, ke depan akan ditambah guna memulihkan keamanan di wilayah itu, ucap Fakhiri, seraya mengakui warga setempat banyak yang mengungsi setelah terjadi pembakaran dan penganiayaan terhadap tenaga kesehatan yang menewaskan Gabriela Meilan.

Sementara itu Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan secara terpisah mengaku, saat ini warga sipil yang masih berada di Kiwirok tercatat 17 orang, setelah beberapa orang dievakuasi. Dua orang guru wanita dan seorang warga, Rabu (22/9) dievakuasi ke Jayapura dan kini sudah berkumpul dengan keluarganya.

"Salah satu guru yang dievakuasi adalah ibu guru Purba yang bertugas sejak 1999 lalu di Kiwirok, dan beliau menyatakan tidak ingin kembali mengajar di wilayah itu," ungkap Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan.

Teror KKB pimpinan Lamek Taplo di Kiwirok menyebabkan lima nakes mengalami luka akibat dianiaya dan dipanah, bahkan empat orang di antaranya masih dirawat di RS Marthen Indey. Keempat nakes yang masih dirawat di RS Marthen Indey yakni dr. Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini