Ervani, IRT yang ditahan karena status Facebook segera disidang

Minggu, 9 November 2014 14:36 Reporter : Kresna
Ervani, IRT yang ditahan karena status Facebook segera disidang Ibunda Ervani. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Ervani, seorang ibu rumah tangga yang ditahan karena dilaporkan setelah memposting status di halaman group facebook Jolie Jogja Jewellery, akan segera menjalani sidang perdananya. Sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Bantul, Selasa (11/11) mendatang.

Kepala departemen Advokasi LBH Yogyakarta, Hamzal Wahyudin mengatakan meski Ervani akan segera menjalani sidang perdana namun hingga saat ini pihaknya sebagai kuasa hukum Ervani belum menerima surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum.

"Kita akan mengajukan eksepsi atas surat dakwaan yang disusun JPU, tapi sampai sekarang kita belum menerima surat dakwaannya," kata Hamzal pada wartawan di kantor LBH Yogyakarta, Minggu (09/11).

Hamzal menyayangkan, kasus Ervani ini ditanggapi oleh pihak kepolisian secara berlebihan. Menurutnya, pihak kepolisian bisa mengedepankan azas ultimum remedium yang mengedepankan penyelesaian di luar jalur hukum.

"Terkait dengan laporan supervisor, penyidik kepolisian melakukan tindakan yang berlebihan, seharusnya kasus ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan," ujarnya.

Hamzal juga menilai muatan postingan facebook Ervani tidak mengandung pencemaran nama baik, melainkan hanyalah kritik yang membangun.

"Tidak ada tidak ada unsur yang mengandung pencemaran nama baik, kritik dan pencemaran nama baik jelas beda," terangnya.

Pihak LBH Yogyakarta sendiri sudah mengajukan surat penangguhan penahanan Ervani. Namun hingga saat ini belum mendapat jawaban dari kejaksaan.

"Kami akan buat surat penangguhan lagi ke PN Bantul, karena sekarang sudah sampai di PN Bantul," ungkap Hamzal.

Ervani dilaporkan atas tuduhan pelanggaran undang-undang ITE pasal 27 ayat 1 dan pasal 45. Dia dipanggil polisi pertama kali pada tanggal 9 Juli 2014 dan langsung ditetapkan sebagai tersangka. Pada 29 Oktober 2014 berkas kasus Ervani dilimpahkan ke Kejaksaan dan Ervani pun ditahan di rutan Wirogunan. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini