Ericko dan Munhari Nekad Mudik Jakarta-Yogya Naik Sepeda

Minggu, 2 Juni 2019 02:04 Reporter : Bram Salam
Ericko dan Munhari Nekad Mudik Jakarta-Yogya Naik Sepeda ericko dan munhari mudik naik sepeda. ©2019 Merdeka.com/bram salam

Merdeka.com - Mudik menggunakan sepeda motor atau mobil sudah menjadi hal yang lumrah saat pulang ke kampung halaman. Namun tidak demikian dengan dua warga Jakarta Barat, Ericko (50) dan Munhari (60) yang memilih pulang kampung ke Yogyakarta menggunakan sepeda.

Ericko mengatakan, memilih pulang kampung sambil gowes ke Yogyakarta karena tidak kuasa menahan rindu terhadap orangtua dan saudara. Hal lain dikatakan pria 50 tahun itu, karena hal itu dilakukan karena hobi.

"Pulang mudik pakai motor sudah biasa, tapi mudik pakai sepeda sambil gowes hobi," kata Ericko saat ditemui di Jalan Lingkar Karawang, Sabtu (1/6).

Ericko mengaku jarak tempuh Jakarta-Yogyakarta memang jauh dan cukup melelahkan. Namun untuk menjaga stamina selama perjalanan yang memakan waktu 4 hari, harus diperhatikan karena selama perjalanan ia juga harus berjibaku di tengah kepadatan sepeda motor dan mobil.

"Perjalanan memakan waktu 4 hari, tergantung waktu istirahat untuk tetap menjaga stamina," katanya.

Untuk dapat melakukan mudik menggunakan sepeda, ternyata harus memiliki trik khusus. Itu disampaikan teman mudik Ericko, Munhari. Dikatakannya untuk yang baru pertama kali gowes, tidak mudah bersepeda jauh sambil puasa, tantangannya bukan hanya jarak yang jauh dan kondisi fisik, tetapi juga kondisi lalu lintas. Apalagi saat arus mudik jumlah kendaraan meningkat.

Oleh karena itu, diperlukan konsentrasi dan pemahaman tentang kemampuan diri sendiri, jangan sampai memaksa dan akhirnya malah menyulitkan diri sendiri.

"Untuk mudik gowes harus punya kemampuan diri sendiri, dibutuhkan fisik dan konsentrasi," tuturnya.

Munhari bersama Ericko akan melalui jalur pantai utara. Selama perjalanan mudik lebaran 2019 ini disebutnya akan menjadi pengalaman tersendiri sehingga menjadi cerita dimasa yang akan datang.

"Perjalanan mudik gowes kita akan melalui jalur Pantai Utara. Selain hobi ini adalah pengalaman yang luar biasa," ucap Munhari. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini