Energi dan kerja, spirit perayaan 73 tahun Kemerdekaan Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2018 11:16 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Energi dan kerja, spirit perayaan 73 tahun Kemerdekaan Indonesia Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di halaman Plaza Kemendagri. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari ini merupakan momentum bagi kita anak bangsa untuk mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri bangsa, para perintis, dan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Ada dua spirit yang diusung pada Perayaan 73 Tahun Kemerdekaan RI tahun ini, yaitu Energi dan Kerja. Energi diambil dari identitas Asia Games ke-18 yaitu The Energy of Asia, sementara kerja merupakan cerminan pemerintah selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik," ucap Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo dalam Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di halaman Plaza Kemendagri, Jakarta (17/8).

Hadi menjelaskan dalam perjalanan sebagai bangsa yang merdeka, kita tentu menghadapi berbagai tantangan, berbagai rintangan, dan cobaan yang menguji persatuan dan kesatuan bangsa kita.

"Hampir empat tahun pemerintahan yang di pimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berjuang memulihkan kepercayaan rakyat melalui kerja nyata membangun negeri," kata Hadi

"Pemerintah ingin agar seluruh masyarakat dapat merasakan kehadiran negara yang telah merdeka selama 73 tahun ini," tegasnya.

Di penghujung amanat, Hadi menyisipkan pesan Mendagri untuk menjadi perhatian bersama dalam membangun prestasi bangsa sebagai wujud nyata dari kerja kita. Antara lain, agenda reformasi birokrasi harus tetap dilanjutkan, prioritas nasional rancangan kerja pemerintah, fokus pada pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah.

Selain itu juga, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 yang merupakan perhelatan akbar olahraga se-Asia.

Kemendagri juga memberikan atensi khusus menyikapi musibah gempa bumi di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat dan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pelayanan publik agar tetap berjalan dan yang terakhir ASN harus dapat menjadi role model yang tetap berdiri tegak untuk mengawal Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan mempertahankan NKRI. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Kemendagri
  2. HUT RI
  3. 17 Agustus
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini