Arti emansipasi di mata offroader cantik asal Malang

Minggu, 21 April 2013 09:16 Reporter : Vizcardine Audinovic
Arti emansipasi di mata offroader cantik asal Malang offroader yang jadi guru TK. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari Kartini yang jatuh tiap 21 April 2013 menyimpan makna tersendiri bagi para wanita Indonesia. Wanita yang dulunya hanya bisa beraktivitas di rumah, kini bisa mengeksplor banyak potensi dan mengukir prestasi. Nanik W. Oetomo, offroader wanita dan guru TK asal Malang turut mengapresiasi jasa-jasa R.A. Kartini.

"Sosok Kartini sangat berjasa, lebih dari berjasa. Kalau tidak ada beliau, mungkin tidak ada wanita seperti saya dan lainnya," ungkap Nanik. Menurut dia, emansipasi bukan berarti ingin lepas dari kodrat sebagai wanita. Hanya saja wanita saat ini bisa berprestasi. "Kalau pria bisa, kenapa wanita tidak," katanya.

Offroader wanita yang memiliki segudang prestasi di tingkat provinsi dan nasional ini mengaku kagum dengan semangat emansipasi yang ditanamkan Kartini. terlebih orangtuanya dulu mendidik dengan keras. "Ibuku memberi masio wedhok ojo kalah karo wong lanang (meski perempuan jangan kalah sama laki-laki)," ujar dia. Alhasil, karena didikan orangtuanya, Nanik jadi pribadi yang tangguh sekalipun kadang terkesan tomboi.

Nanik berada di tengah murid TK Dian Agung saat peringatan Hari Kartini

Baginya, dengan semangat Kartini di era emansipasi sekarang, perempuan jangan takut untuk berpartisipasi dan berprestasi. Sementara untuk pria jangan merasa tersaingi dengan emansipasi wanita. Sebab emansipasi bukan ingin mengungguli pria, melainkan menunjukkan kemampuan wanita.

"Kalau wanita punya potensi penting untuk dieksplor, jangan dipendam. Sayang," jelas guru di TK Dian Agung, Malang ini. Sampai saat ini banyak orang-orang banyak menilai tabu jika ada wanita yang melakukan pekerjaan pria.

"Sebenarnya wanita dan pria tidak ada bedanya. Mereka punya kesempatan yang sama," tambah ibu dua anak itu. Selain itu dukungan dari suami juga perlu agar wanita bisa mengembangkan potensinya dengan maksimal. Meski berprestasi, yang terpenting bagi Nanik para wanita tidak melupakan hak dan kewajibannya. [vic]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini