Eggi Sudjana dan Bachtiar Nasir jadi Tersangka, JK Bilang Bukan Karena Oposisi

Senin, 13 Mei 2019 14:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Eggi Sudjana dan Bachtiar Nasir jadi Tersangka, JK Bilang Bukan Karena Oposisi Jokowi pimpin rapat pemindahan Ibu Kota. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan penetapan tersangka sejumlah pihak seperti Bachtiar nasir, Eggi Sudjana serta Kivlan Zen dalam penyidikan bukan karena berada di kubu oposisi. Dia mengatakan pemerintah tidak anti oposisi sebab beroposisi di Indonesia sesuai dengan aturan.

"Jadi bukan diperiksa karena oposisinya. Saya kira beroposisi di Indonesia hal yang bisa, boleh sesuai dengan UU. Dan UUD juga hak untuk berpendapat," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Senin (13/5).

Dia menilai penetapan sebagai tersangka ketiga pihak tersebut lantaran melanggar hukum. Dan tidak ada hubungannya terkait sikap mereka yang berlawan dengan pemerintah.

"Jadi diperiksa atas mungkin tindakannya kejadian tidak ada hubungannya sebagai oposisi. Tapi itu tidak sesuai hukum," ungkap JK.

Diketahui ada beberapa pihak yang mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu Bachtiar Nasir, Kivlan Zen, dan Eggi Sudjana. Bachtiar ditetapkan tersangka lantaran pencucian uang.

Bachtiar diketahui mengelola dana sumbangan masyarakat sekitar Rp 3 miliar di rekening Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS). Dana tersebut diklaim Bachtiar digunakan untuk mendanai Aksi 411 dan Aksi 212 pada tahun 2017 serta untuk membantu korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh dan bencana banjir di Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sementara, calon legislatif Partai Amanat Nasional sekaligus Penasihat Hukum Kivlan Zen, Eggi Sudjana sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana makar. Eggi ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tindak pidana makar karena dia sempat menghasut masyarakat untuk ikut aksi pada people power. Lalu, Kivlan Zen pun kini terseret dan diduga melakukan tindakan makar. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini