Dukung RUU KUHP, Politikus PDIP Dikejar Mahasiswa

Rabu, 25 September 2019 15:20 Reporter : Mochammad Iqbal
Dukung RUU KUHP, Politikus PDIP Dikejar Mahasiswa Ilustrasi Demo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kericuhan sempat mewarnai aksi demonstrasi ratusan mahasiswa yang berasal dari sejumlah kampus di Kabupaten Garut. Para mahasiswa pun sempat mengejar salah satu anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yuda Pudja Turnawan yang dianggap pandangannya tidak sejalan dengan mereka terkait RUU KUHP dalam audiensi.

Kericuhan bermula saat para mahasiswa menanyakan kepada anggota DPRD Garut yang hadir dalam kegiatan audiensi terkait RUU KUHP. Yuda saat itu memberikan jawaban dimana yang menyebut bahwa tidak menyetujui tuntutan pencabutan draf RUU KUHP.

Saat itu Yuda mengatakan terdapat 600 lebih pasal dalam draf. Sehingga menurutnya jangan dicabut draf tersebut. "Karena banyak yang baiknya," katanya dalam audiensi bersama mahasiswa di ruang Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Garut, Rabu (25/9).

Mendengar jawaban tersebut, para mahasiswa langsung berteriak menentang pernyataan tersebut hingga sempat terjadi aksi saling tunjuk antara Yuda dengan mahasiswa. Mahasiswa yang emosi dengan pernyataan itu pun kemudian semakin memadati bagian depan meja anggota dewan yang hadir dalam audiensi.

Ketegangan sempat memuncak sehingga yang terjadi sejumlah mahasiswa melempar botol minuman dalam kemasan hingga kardus ke arah anggota dewan. Pihak kepolisian yang hadir pun kemudian mengamankan Yuda untuk mendinginkan suasana dengan membawanya keluar ruangan paripurna.

Saat pihak kepolisian membawa Yuda keluar melalui ruang belakang ruangan paripurna, sejumlah mahasiswa yang tidak puas terus mengejarnya. Para mahasiswa sendiri akhirnya bisa ditenangkan oleh aparat kepolisian sehingga akhirnya mereka kembali ke ruang paripurna.

Kericuhan tidak meluas karena mahasiswa kembali tenang setelah diredam oleh aparat kepolisian dan TNI yang bertugas melakukan pengamanan. Saat ini, para mahasiswa kembali menyampaikan tuntutannya kepada sejumlah anggota DPRD Kabupaten Garut yang masih hadir.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Bagaimana Pendapat Anda soal RUU KUHP? Klik di Sini! [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini