Dukung dr Ayu, dokter di Bandung gelar aksi di Gedung Sate

Rabu, 27 November 2013 10:38 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Dukung dr Ayu, dokter di Bandung gelar aksi di Gedung Sate dokter di bandung gelar aksi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekitar 200 dokter di Bandung menggelar aksi solidaritas di seberang Gedung Sate Bandung atau di tangga Lapangan Gasibu. Mereka yang berasal dari berbagai organisasi dokter mendukung kasus dr Ayu.

Mengenakan jas putih dan pita hitam di bagian dada kiri menyimbolkan gelombang dukungan untuk dr Ayu hadir juga di Bandung. Mereka berasal dari anggota Perkumpulan Obsteri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jabar dan para dokter spesialis lainnya.

Beberapa spanduk dukungan untuk dr Ayu dibentangkan juga di sini. Seperti 'Stop Kriminalisasi Dokter' dan 'Aksi Solidaritas, Stop Kriminalisasi Dokter'.

"Aksi kami di sini sebagai bentuk solidaritas teman kami dr Ayu," terang Ketua POGI Jabar dr Yudi Mulyana Hidayat, di sela aksi, Rabu (27/11).

Mereka juga membacakan beberapa pernyataan sikap yang dibagikan dalam bentuk selebaran, salah satunya. "Kami para dokter disumpah untuk menjaga kehidupan, bahkan sebelum kehidupan itu dimulai. Tapi dokter bekerja dalam sistem, dan kerap kami tak berdaya mengubah sistem tersebut karena terkait dengan para pemegang kekuasaan."

"Tidak ada dokter yang ingin menghilangkan nyawa pasiennya, tapi nyawa adalah milik Yang Kuasa. Tidak ada dokter yang ingin menelantarkan pasiennya, tetapi kualitas pelayanan ternyata ditentukan oleh penguasa," terangnya.

"Lihatlah pengabdian kami dengan mata keadilan, kami juga abdi masyarakat dan abdi negara seperti para penguasa," ungkapnya.

Selain melakukan aksi mereka juga terlebih dahulu longmarch dari kantor Dinkes Kota Bandung. Tak lama melakukan aksi, mereka kembali ke kantor Dinkes Kota Bandung dengan berjalan beriringan. Aksi ini berjalan tertib dan lancar. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini