Dukung DPSP Lombok, Menteri PUPR Kenakan Baju Adat Sasak saat Upacara di Istana

Kamis, 18 Agustus 2022 00:02 Reporter : Merdeka
Dukung DPSP Lombok, Menteri PUPR Kenakan Baju Adat Sasak saat Upacara di Istana Menteri PUPR Basuki. ©2022 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memilih menggunakan baju adat dari Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam peringatan HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta, sebagai bentuk dukungan terhadap destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Lombok, NTB.

"Saya kira Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh Pak Jokowi (Presiden RI Joko Widodo), saya sebagai pembantu presiden yang memperbaiki, merenovasi semua infrastruktur di Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, dan di Kupang. Jadi saya ikut sedikit mempromosikan Lombok, Mandalika," ucap Menteri Basuki sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Rabu (17/8).

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan terutama mancanegara ke Indonesia. Selain Lombok-Mandalika. DPSP lainnya adalah Danau Toba, Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, Labuan Bajo, dan Manado-Likupang.

Terkait peringatan HUT ke-77 RI, Basuki Hadimuljono berharap peringatan Kemerdekaan RI kali ini dapat dimaknai dengan semangat optimisme dalam berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Kita harus optimistis, kita sebagai bangsa petarung, menjadi petarung punya semangat perang seperti para pejuang kita tahun 1945. Tanpa mereka, kita tidak akan terbebas seperti sekarang. Sekarang pun kita harus menjadi petarung, pejuang, untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar Menteri Basuki.

2 dari 2 halaman

Dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, seluruh pejabat negara mengenakan pakaian adat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin misalnya yang memilih mengenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Budi sengaja memilih baju adat tersebut sebagai persiapan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa," ujarnya.

Sedangkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Presiden Jokowi mengenakan baju dengan dominasi warna merah dan putih, sedangkan Ibu negara mengenakan pakaian dengan warna biru cerah dan emas dari berbagai daerah di Tanah Air. [ded]

Baca juga:
Mendag Zulhas Pakai Baju Adat Lampung Karya Designer Lokal saat Upacara di Istana
Kolonel Andike Ungkap Kesan jadi Komandan Upacara di Istana: Tanggung Jawab Berat
Upacara HUT RI di KBRI Kuala Lumpur, SBY: Khidmat, Tertib Tidak Ada Kesalahan
Cerita Luhut 'Diperintah' Istri Kenakan Baju Adat Bali untuk Upacara HUT ke-77 RI
Waktunya Investasi Logam Mulia, Intip Promo Emas Antam di HUT ke-77 Indonesia
Tak Semua Menteri Jokowi Hadiri Upacara di Istana Negara, Ini Alasannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini