Dugaan penyebab Facebook down 40 menit

Rabu, 28 Januari 2015 06:30 Reporter : Al Amin
Dugaan penyebab Facebook down 40 menit Twitter vs Facebook. ©2015 TheNextWeb.com

Merdeka.com - Dua jejaring sosial raksasa milik Mark Zuckerberg hari ini telah mengalami down atau tidak bisa diakses selama kurang lebih 40 menit. Setelah spekulasi tentang penyebab down itu bermunculan, akhirnya Facebook mengutarakan alasan aslinya.

Hanya berselang beberapa jam setelah Facebook down, juru bicara mereka mengatakan bila penyebab down terlama sejak 2014 ini adalah perubahan teknis yang akhirnya berdampak pada sistem Facebook.

Sebelum Facebook menyatakan secara resmi pernyataan terkait tidak bisa diaksesnya situs tersebut, sejumlah spekulasi beredar. Mulai dari cuaca hingga perbuatan sebuah kelompok yang meretas Facebook.

Kasus down Facebook sebelumnya terjadi pada bulan September tahun lalu. Saat itu Facebook down hingga dua kali hanya dalam waktu satu bulan.

Berikut dugaan penyebab Facebook down 40 menit.

1 dari 3 halaman

Akibat cuaca buruk

Facebook. © Dailymail.co.uk

Situs jejaring sosial Facebook dan salah satu aplikasinya, Instagram sempat down hari ini selama 40 menit. Badai salju yang menghantam bagian timur laut Amerika diduga menyebabkan situs yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut bermasalah.

"Pada Senin malam, badai salju menghantam timur laut dan mengakibatkan situs konten foto Facebook dan Instagram menjadi down di seluruh dunia. Layanan lainnya termasuk Tinder, Hipchat, dan AOL Instant Messenger juga dilaporkan offline," seperti dilansir dailydot.com, Selasa (27/1).

Menurut situs downdetector.com, Facebook dan Instagram sudah mulai down sejak pukul 12.10 WIB siang tadi. Namun, aplikasi chatting milik Facebook, WhatsApp masih bisa digunakan dengan lancar.

Kasus down Facebook sebelumnya terjadi pada bulan September tahun lalu. Saat itu Facebook down hingga dua kali hanya dalam waktu satu bulan.

2 dari 3 halaman

Diretas kelompok hacker LizardSquad

Facebook. © aljoumhouria.com

Facebook dan Instagram dilaporkan down secara tiba-tiba. Beberapa spekulasi penyebab down Facebook dan Instagram pun menyeruak, salah satunya adalah akibat aksi hacking.

Grup hacker yang diduga membuat Facebook down adalah LizardSquad, grup hacker yang sama yang menyerang situs Malaysia Airlines kemarin.

Lewat akun Twitter resminya, LizardSquad men-tweet kasus down ini dengan menambahkan hastag #offline dan #LizardSquad. Dua hastag itu adalah salah satu ciri khas LizardSquad saat berhasil menyerang sebuah situs.

Ternyata, situs yang sempat down bukan hanya Facebook dan Instagram. Menurut tweet LizardSquad, situs besar lain seperti Tinder, AIM, dan Hipchat juga dikatakan offline.

Teori serangan LizardSquad ini sepertinya juga diamini oleh beberapa pihak, misalnya tim Android Central (27/01). Mereka menyebutkan bila Facebook dan situs-situs tadi mengalami serangan virus DDoS yang berdampak pada pengguna dalam skala besar.

3 dari 3 halaman

Facebook down karena perkenalkan perubahan baru

Facebook. ©2014 Merdeka.com

Hanya berselang beberapa jam setelah Facebook down, juru bicara mereka mengatakan bila penyebab down terlama sejak 2014 ini adalah perubahan teknis yang akhirnya berdampak pada sistem Facebook.

"Malam ini (waktu Amerika), banyak orang mengalami masalah saat mengakses Facebook dan Instagram. Ini bukanlah akibat dari serangan pihak ketiga, melainkan terjadi setelah kami memperkenalkan perubahan baru yang mempengaruhi konfigurasi sistem kami," ujar juru bicara Facebook, The Next Web (27/01).

Selain itu, pihak insinyur Facebook diklaim sudah melakukan perbaikan pada server Facebook di berbagai negara secara bertahap. Meski berdasarkan data yang dirilis dari situs downdetector.com, masih terdapat beberapa pengguna yang melaporkan belum bisa mengakses Facebook dan Instagram. [tts]

Baca juga:
Tumbang hampir satu jam, berapa kerugian Facebook?
Facebook pingsan, meme sindiran banjiri dunia maya
Facebook: Jejaring sosial kami tidak di-hack!
Facebook down, jagad Twitter mendadak heboh
Facebook tumbang, pengguna 4 benua jadi korban
Ini penyebab Facebook down

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini