Duet cantik kerajaan Laut Selatan, Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Sabtu, 27 September 2014 11:41 Reporter : Kresna
Duet cantik kerajaan Laut Selatan, Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul Nyai Roro Kidul. ilustrasi merdeka.com

Merdeka.com - Kecantikan putri Ratna Sawiji membuat banyak lelaki tertarik dan ingin meminangnya sebagai istri. Sayangnya, Ratna lebih memilih bertapa dan rela diusir oleh ayahnya, Raja Pajajaran dari pada harus menikah.

Setelah bertapa dan bertemu dengan Dewa, Ratna kemudian menjelma menjadi Ratu Kidul yang menguasai kerajaan Laut Kidul. Dalam menjalankan kerajaannya, Ratu Kidul dibantu oleh Nyi Roro Kidul.

Sama seperti Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul juga dikenal sebagai sosok yang cantik. Bahkan dalam berbagai ilustrasi, Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai wanita bertubuh putih dengan paras cantik dan pakai berwarna hijau.

Menurut juru kunci Cepuri Parangkusumo, Mas Surakso Rajiyo Hadihusna atau yang akrab disapa Nur, kedua wanita cantik tersebut adalah pemegang kendali Laut Selatan. Ratu Kidul sebagai ratu di kerajaan, sementara Nyi Roro Kidul sebagai ajudan yang membantu Ratu Kidul menjalankan pemerintahannya.

"Dulunya, Nyi Roro Kidul sudah ada sebelum Ratu Kidul, karena Nyi Roro Kidul itu bangsa jin, dan Ratu Kidul manusia, jadi Ratu Kidul yang menjadi Ratu. Tapi dalam pemerintahan, Nyi Roro Kidul tetap membantu Ratu Kidul," jelas Nur.

Dalam kerjanya, Nyi Roro Kidul lah yang bersinggungan dengan dunia luar kerajaan laut selatan. Itulah yang menyebabkan Nyi Roro Kidul lebih dikenal.

"Ibarat dalam pemerintahan Indonesia, Presiden tidak sembarangan menemui orang, tapi ada orang lain yang ditugasi untuk bertemu. Tidak sembarang orang bisa menemui," tuturnya.

Mengamini hal tersebut, Pamungkas, salah seorang penganut Kejawen mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan menteri luar negeri kerajaan Laut Kidul.

"Nyi Roro Kidul itu menteri luar negeri kerajaan Laut Selatan. Ratunya ya Ratu Kidul," katanya pada merdeka.com beberapa waktu lalu. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Mistis
  2. Nyi Roro Kidul
  3. Mitos
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini