Dua Warga Pangandaran Meninggal Tertimbun Longsor

Selasa, 27 Oktober 2020 22:49 Reporter : Mochammad Iqbal
Dua Warga Pangandaran Meninggal Tertimbun Longsor Tim SAR Jawa Barat evakuasi warga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bencana banjir dan tanah longsor menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Pangandaran, Selasa (27/10). Dipicu hujan dengan intensitas tinggi. Struktur tanah yang labil menyebabkan tanah longsor. Dua orang warga meninggal akibat tertimbun longsor.

Humas Basarnas Kantor SAR Bandung, Seni Wulandari mengatakan, longsor terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Pangandaran, yaitu Padaherang dan Langkaplancar.

"Di Kecamatan Padaherang, tepatnya di Blok Baliken, Dusun Pangasinan, Desa Pasirgeulis, dua warga meninggal dunia atas nama Irut (70) dan Sunarsih (68) akibat tertimbun longsor. Keduanya sudah berhasil dievakuasi," katanya.

Lima rumah dengan 12 jiwa terdampak langsung. Mereka sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Di wilayah lainnya, tepatnya di Kecamatan Sidamulih dan Parigi bencana banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi. Banjir terjadi Dusun Cimanggu, Dusun Cikalong, Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih dan Dusun Sukasari, Dusun Karangnangka, Desa Bojong, Kecamatan Parigi.

Total, 1.039 jiwa terdampak banjir dan ratusan rumah terendam. Bencana banjir tidak hanya terjadi di Pangandaran. Peristiwa serupa terjadi di Ciamis.

"Kita juga melakukan operasi SAR di Ciamis. Kita bersama sejumlah unsur melakukan evakuasi warga di Desa Purwasari," ungkapnya.

Banjir di Ciamis menyebabkan sejumlah warga terpaksa mengungsi di sejumlah tempat. mulai di kantor desa, balai desa, masjid, sekolah madrasah, hingga pondok pesantren.

"Banjir di Ciamis sempat tingginya mencapai dua meter. Banjir ini di dua kecamatan, yaitu Banjarsari dan Banjaranyar. Ada lima desa yang terdampak, mulai Banjarsari, Cibadak, Purwasari, Cikaso, dan Sindangrasa. Jumlah warga yang terdampak mencapai 824 kepala keluarga," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Jalur Selatan Penghubung Garut-Tasik Terputus...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Tanah Longsor
  4. Ragam Konten
  5. Garut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini