Dua Pria di Sukabumi Berbulan-bulan Hidup Dalam Kandang Besi dan Kayu

Rabu, 29 Maret 2023 10:16 Reporter : Ya'cob Billiocta
Dua Pria di Sukabumi Berbulan-bulan Hidup Dalam Kandang Besi dan Kayu Pria di Sukabumi dikurung keluarga dalam kandang. Antara

Merdeka.com - Dua pria berinisial Mul dan BS warga Kampung Cilarangan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dikurung oleh keluarga di dalam kandang besi. Keduanya dikurung lantaran mengalami gangguan jiwa dan sering mengamuk.

"Mul terpaksa dikurung oleh keluarganya di dalam kandang besi berukuruan 1,5 meter x 1 meter x 1 meter yang tidak jauh dari rumahnya di Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak," kata pekerja sosial Panti Aura Welas Asih Sukabumi Irgiana di Sukabumi, Selasa (28/3). Dikutip dari Antara.

Menurut Irgiana, pihak keluarga terpaksa mengurung Mul karena pria ini menjadi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang kerap mengamuk, dan tidak segan melakukan aksi kekerasan terhadap keluarga maupun orang lain.

Mul terpaksa dikurung dalam kandang besi. Informasi dari keluarganya, Mul sudah lima bulan menghuni kandang besi itu dan saat tim pekerja sosial tiba di lokasi kondisinya cukup mengkhawatirkan di mana kondisinya sangat tidak terurus.

2 dari 3 halaman

Maka dari itu, untuk mengevakuasi, pihaknya berkoordinasi dengan Polsek dan Puskesmas Cikakak.

Sebenarnya yang bersangkutan pernah menjalani terapi di Panti Aura Welas Asih selama enam bulan dan kondisinya sempat membaik.

Diduga kurang adanya perhatian dari pihak keluarga, akhirnya penyakit pria paruh baya ini kambuh dan kembali sering mengaku bahkan tidak segan menyakiti orang lain.

3 dari 3 halaman

Sama halnya dengan Mul, BS juga dikurung oleh keluarganya dalam kandang berbentuk kota kayu dengan panjang 2 meter, lebar 1,5 dan tinggi 1 meter.

Kapolsek Cikakak Iptu Didik S mengatakan untuk BS sudah menghuni kandang tersebut selama dua tahun, sesuai arahan dari Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede pihaknya turut serta mengevakuasi bersama para pekerja sosial. BS terpaksa dikurung karena sering mengamuk.

Kedua ODGJ saat sudah diamankan di Panti Aura Welas Asih di Palabuhanratu untuk mendapatkan perawatan dan terapi, agar kondisi kesehatan bisa kembali membaik. [cob]

Baca juga:
Dipergoki Perkosa ODGJ, Pria di Timor Tengah Utara Masuk Bui
Gejala Gangguan Kepribadian Histrionik, Simak Ulasan Lengkapnya
Tidak Diberi Rokok, Pemuda ODGJ di Depok Aniaya Ibu Kandung hingga Luka Parah
Syok Istrinya Cabuli 17 Anak, Begini Kondisi Suami Wanita Pemilik Rental PS di Jambi
Berbuat Tak Senonoh di Sejumlah Tempat Umum, Pemuda Tasikmalaya Ditangkap
Babinsa Rawat ODGJ Tak Mampu di Blitar, Memandikan hingga Gantiin Baju Bikin Haru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini