Dua Polisi Teladan di Kupang Temukan Uang Jutaan Rupiah dan Kembalikan ke Pemiliknya

Kamis, 18 Agustus 2022 14:42 Reporter : Ananias Petrus
Dua Polisi Teladan di Kupang Temukan Uang Jutaan Rupiah dan Kembalikan ke Pemiliknya Polisi di Kupang kembalika uang temuan ke pemiliknya. Istimewa

Merdeka.com - Dua anggota Polantas di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) patut diacungi jempol, karena mengembalikan dompet berisi uang jutaan rupiah kepada pemiliknya. Dompet tersebut ditemukan saat keduanya mengatur lalu lintas.

Keduanya adalah Aipda Fandy Adoe dan Brigpol Richard Raja Kana, anggota Direktorat Lalu Lintas Polda NTT. Saat sedang mengatur arus lalu lintas, mereka menemukan sebuah kantong plastik hitam yang di dalamnya terisi uang tunai sebesar Rp7,5 juta.

Karena tidak mengetahui pemilik kantong plastik hitam tersebut, keduanya bersepakat mencari dengan cara mem-posting hasil temuan itu ke media sosial. Segepok uang itu diduga jatuh saat pemiliknya melintas.

Awalnya kantong hitam itu ditemukan oleh dua orang wanita yang melintas. Kedua wanita itu melaporkan kepada Aipda Fandy Adoe dan Brigpol Richard Raja Kana.

Aipda Fandy Adoe memungut kantong plastik berisi uang itu sambil menunggu pemiliknya kembali. Namun tidak kunjung diambil saat tugasnya mengatur lalu lintas dan jam kantor selesai, uang itu dibawa ke rumahnya.

Sedangkan Brigpol Richard Raja Kana yang telah mengabadikan menggunakan kamera handphonenya langsung mem-posting di salah grup Facebook terbesar di Kupang, dengan harapan bisa menemukan sang pemilik uang.

Selang beberapa saat setelah di-posting, seorang pria dengan akun bernama Feryanto Tangawila mengirim pesan inbox kepada Brigpol Richard Raja Kana, bahwa uang tersebut milik majikannya, bernama Suryanto Limardi, pemilik bengkel motor di sekitar Jalan Herewila, tidak jauh dari Polda NTT.

2 dari 2 halaman

Feryanto Tangawila mengaku kalau uang tersebut hendak disetor ke BCA. Namun untuk meyakinkan Brigpol Richard Raja Kana, Feryanto Tangawila mengatakan ada slip setoran dalam plastik bersama uang tersebut.

Aipda Fandy Adoe dan Brigpol Richard Raja Kana kemudian meminta Feriyanto datang dengan majikannya untuk memastikan bahwa identitas yang dibawa harus sama dengan slip setoran di dalam kantong plastik.

Setelah dicek ternyat KTP Suryanto Limardi cocok dengan nama dalam slip yang ada dalam plastik hitam tersebut. Aipda Fandy Adoe dan Brigpol Richard Raja Kana meminta Suryanto menghitung kembali jumlah uang untuk memastikan kalau uangnya masih utuh.

Suryanto pun berterima kasih atas niat baik kedua polisi ini. Ia mengaku bangga atas sikap polisi yang jujur dan mau mengembalikan uang yang mereka temukan.

"Awalnya kami tidak berani buka plastiknya, padahal dalam plastik itu ada slip dan nama pemilik. Kami tunggu sampai pemilik datang dan memastikan jumlah uang utuh," jelas Brigpol Richard Raja Kana saat ditemui, Kamis (18/8/).

"Ada yang inbox dan kami tidak asal percaya sehingga kami suruh dia datang dengan bosnya membawa identitas, ternyata cocok sehingga uangnya kami kembalikan," tambah Aipda Fandy Adoe.

Kedua polisi ini mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati saat beraktivitas, apalagi membawa uang banyak untuk melakukan transaksi. Sebaiknya menyimpan di tempat atau tas yang aman. [cob]

Baca juga:
Kabar Terbaru Polwan Cantik Nina Oktoviana, Raih Penghargaan Tertinggi PBB di Afrika
Sosok Briptu Selly, Polwan Aceh Bertugas Jaga Perdamaian di Afrika Tengah
Momen Pak Babin Bercanda sama Jenderal Bintang 2 Polri, Kepalanya Sampai Digaplok
Wanita ini Berani-beraninya Ngaku Istri Jenderal buat Menipu, Polisi Sampai Emosi
Kisah Kompol Emil Eka Sisihkan Gaji Bikin Warung Makan Gratis Warga Miskin Pekanbaru
Informasi Berbeda Polisi di Kasus Brigadir J, Keluarga Tanyakan Sosok Richard & Riki

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini