Dua Pekan Diblokade Warga, TPA Burangkeng Bekasi Akhirnya Dibuka

Senin, 18 Maret 2019 12:11 Reporter : Adi Nugroho
Dua Pekan Diblokade Warga, TPA Burangkeng Bekasi Akhirnya Dibuka TPU Burangkeng Bekasi. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Setelah ditutup sejak 4 Maret lalu atau selama dua pekan, TPA Burangkeng di Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi akhirnya dibuka. Aktivitas pembuangan sampah di Kabupaten Bekasi kembali normal.

"Sudah bisa buang sampah lagi ke TPA, sekarang kami sedang melakukan pengaturan pembuangan," kata Kabid Kebersihan pada Dinas LH, Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto, Senin (18/3).

TPA Burangkeng ditutup oleh penduduk Desa Burangkeng yang tergabung di dalam Tim 17. Penutupan ini buntut dari penduduk setempat yang menuntut kompensasi bau sampah dalam bentuk uang tunai.

Pemerintah dan warga sampai tiga kali berunding, namun baru pada pertemuan terakhir di kediaman Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmadja di Cikarang menghasilkan kesepakatan. Kompensasi dalam bentuk uang tunai disetujui tapi, skemanya masih disusun.

Dodi mengatakan, dampak penutupan selama 14 hari terjadi penumpukan sampah yang luar biasa di lingkungan rumah penduduk sampai dengan pasar tradisional. Diperkirakan ada sekitar 11.200 ton sampah yang tercecer.

"Target kami selama dua pekan ke depan mengangkut sampah yang menumpuk. Kami prioritasnya di lingkungan perumahan kemudian di tempat sampah liar di jalan-jalan," ujarnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini