Dua Adik Tiri Sultan HB X Dipecat, Keraton Sebut Pergantian Jabatan Hal Biasa

Rabu, 20 Januari 2021 17:05 Reporter : Purnomo Edi
Dua Adik Tiri Sultan HB X Dipecat, Keraton Sebut Pergantian Jabatan Hal Biasa Keraton Yogyakarta. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Surat pemecatan dua adik tiri Sultan HB X yaitu GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat sempat beredar di grup-grup WhatsApp. Dua adik Sultan HB X ini dipecat dari jabatan strukturalnya di Keraton Yogyakarta.

Menanggapi kabar pemecatan ini, pihak Keraton Yogyakarta pun angkat bicara. Wakil Penghageng Parentah Hageng Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Yudhahadiningrat atau kerap disapa Romo Nur membantah adanya pemecatan yang dilakukan Sultan HB X kepada dua adik tirinya.

Romo Nur menyebut jika yang dilakukan oleh Sultan HB X bukanlah pemecatan namun pergantian jabatan. Romo Nur menjabarkan jika pergantian ini hanya di bagian struktural Keraton Yogyakarta saja. Dua adik Sultan HB X ini disebut Romo Nur masih merupakan pangeran rayi dalem di Keraton Yogyakarta.

"Gak dicopot kok beliau (dua adik Sultan HB X). Diganti, kan beda dengan dicopot. Enggak kan. Beliau masih GBPH Prabukusumo (bergelar pangeran rayi dalem)," ujar Romo Nur saat dihubungi, Rabu (20/1).

Romo Nur menuturkan dirinya tak tahu menahu tentang alasan digantikannya jabatan dua adik Sultan HB X ini dengan dua putri Sultan HB X. Hanya saja pergantian jabatan ini dikeluarkan Sultan HB X melalui Dhawuh Dalem.

"Alasannya saya tidak tahu. Wong itu keputusan dari Ngarsa Dalem (Sultan HB X) kok. Iya tho. Jadi kami juga tidak diberitahu sama Ngarsa Dalem. Tak ganti karena ini-ini. Mboten," terang Romo Nur.

Romo Nur menuturkan dirinya tak tahu apakah dua adik Sultan HB X ini akan mendapatkan jabatan baru di Keraton Yogyakarta atau tidak. Menurut Romo Nur pergantian jabatan di Keraton Yogyakarta merupakan kewenangan langsung dari Sultan HB X.

Romo Nur menambahkan terkait pergantian jabatan di Keraton Yogyakarta adalah hal yang biasa. Salah satu penyebab pergantian adalah masalah regenerasi.

"Ha inggih. Silih berganti (pergantian jabatan di Keraton Yogyakarta). Sudah biasa ada pergantian jabatan di Keraton sudah biasa terjadi. Istilahnya regenerasi ya. Ya mungkin begitu," tutup Romo Nur. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini