dr Reisa Apresiasi Paku Buwono XIII yang Berhasil Vaksinasi Puluhan Ribu Warga

Sabtu, 23 Oktober 2021 20:35 Reporter : Arie Sunaryo
dr Reisa Apresiasi Paku Buwono XIII yang Berhasil Vaksinasi Puluhan Ribu Warga dr Reisa. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Kartikasari Broto Asmoro meninjau sentra vaksinasi di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu (23/10). Dokter bergelar keraton Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung itu mengapresiasi pihak keraton yang sudah membantu program pemerintah.

“Saya sangat mendukung, support. Ini sebagai salah satu bentuk apresiasi saya kepada pihak keraton yang sudah mau membantu program pemerintah. Membantu menyehatkan masyarakat Solo dan sekitarnya dan menyukseskan program vaksinasi nasional,” ujarnya.

Puteri Indonesia Lingkungan 2010 yang juga adik ipar KGPH Dipokusumo (Pengageng Parentah Keraton Surakarta) itu juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Paku Buwono (PB) XIII (Raja Surakarta), yang sudah berinisiatif dan berhasil melakukan vaksinasi kepada lebih dari 15.000 orang.

“Saya mengucapkan terimakasih juga kepada Sinuhun Paku Buwono XIII yang sudah berinisiatif dan berhasil melakukan vaksinasi kepada lebih dari 15.000 orang yang sudah disediakan dosisnya oleh pemerintah,” katanya.

Ia berharap keberhasilan tersebut bisa menjadi inspirasi berbagai pihak. Ia juga berpesan kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi dosis kedua setelah dosis pertama dilakukan. Pasalnya banyak yang hanya sempat satu kali atau beranggapan vaksinasi hanya cukup dilakukan satu kali saja.

“Untuk beberapa vaksin, selain Johnson, semuanya membutuhkan dua dosis. Jadi harap lengkapi dosis keduanya dan ikuti apa yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Jadi jangka waktu setiap vaksin itu berbeda, perhatikan dengan baik dan lengkapi semua dosisnya agar kita bisa keluar dari pandemi,” katanya.

Koordinator Pelaksana Sentra Vaksinasi Karaton Surakarta Hadiningrat, RAy Febri H Dipokusumo menambahkan, vaksinasi yang diadakan awalnya hanya diperuntukkan bagi abdi dalem. Namun karena keberadaan mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia, vaksinasi juga digelar di wilayah lain.

“Ketika vaksinasi kita adakan di Solo 15.000, Karanganyar 3.500 dan Sukoharjo 1.500 secara serentak, ternyata banyak animo dari abdi dalem yang jauh dari Solo. Atas inisiatif langsung Sinuhun PB XIII, maka permintaan dari daerah lain kami fasilitasi,” katanya.

Di Ponorogo misalnya, lanjut Febri, sudah 20.000 vaksinasi dosis pertama disuntikkan ke warga. Sedangkan daerah lainnya adalah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sebanyak 20.000 dosis akan disuntikkan pada Selasa dan Rabu pekan depan.

“Melihat animo yang luar biasa, ternyata masyarakat Ponorogo dan Pacitan yang kami datang kemarin, jarak jangkaunya jauh dari titik kota. Tapi vaksin yang diperoleh agak kurang,” katanya.

Selain kedua kabupaten di Jawa Timur, pihaknya juga berencana melakukan kegiatan sama di daerah lainnya. Terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang banyak terdapat abdi dalem atau sesuai permintaan.

“Rencana kita mungkin ke Trenggalek, Mojokerto dan sekitarnya yang banyak abdi dalem kami. Dan kemudian yang memang membutuhkan,” pungkas Febri.

Baca juga:
Update Vaksinasi Covid-19 di Indonesia per 23 Oktober 2021
Wagub DKI: Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Jakarta Capai 10,7 Juta
Pandemi Belum Usai, Waspadai Epidemi Ebola dengan Prokes dan Hidup Sehat
Vaksinasi Nakes di Palembang Lampaui Target, Herd Community Libatkan Swasta
RI Terima Hibah 844.820 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini