DPR Terima Surat dari Jokowi Soal Daftar Nama 10 Capim KPK

Rabu, 4 September 2019 15:46 Reporter : Sania Mashabi
DPR Terima Surat dari Jokowi Soal Daftar Nama 10 Capim KPK Gedung DPR. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

"Iya sudah tadi siang," kata Indra pada wartawan, Rabu (4/9).

Setelah surat masuk, pimpinan DPR akan segera menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk kemudian membawa surat tersebut ke rapat paripurna besok (5/9).

"Sore ini juga di Bamuskan. Besok akan dibacakan di paripurna," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, yang diusulkan pansel. Keputusan Jokowi tersebut dikatakan Moeldoko sudah final.

"Ya sudah final lah (10 nama capim KPK)," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Dengan begitu, 10 nama capim KPK itu siap diserahkan pemerintah ke DPR untuk uji fit and proper test. Moeldoko mengatakan, Jokowi meyakini bahwa pansel memiliki kredibilitas dalam menyeleksi capim KPK.

"Ya Presiden sudah memerintahkan mendelegasikan kewenangan kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi sudah memikirkan kredibilitas yang bersangkutan dan seterusnya," jelasnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini