DPR Soal Dua Kapolda Dicopot Imbas Kerumunan Acara Rizieq: Jangan Dinilai Politis

Rabu, 18 November 2020 21:14 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Soal Dua Kapolda Dicopot Imbas Kerumunan Acara Rizieq: Jangan Dinilai Politis Imam Besar FPI Rizieq Shihab Tiba di Petamburan. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wakil Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung langkah Kapolri Jenderal Idham Azis merotasi 626 personel Polri. Menurut Sahroni, mutasi ini telah dipertimbangkan secara matang dan melalui assessment penting. Kapolri Idham dinilai menempatkan orang yang tepat.

"Terkait mutasi di kepolisian ini, tentunya sudah melewati berbagai pertimbangan dan penilaian internal. Saya juga lihat formasi barunya udah pas, jadi ini pasti sudah dipertimbangkan betul-betul. Right men on the right place," ujar Sahroni kepada wartawan, Rabu (18/11).

Bendum Partai NasDem itu menilai mutasi di lingkungan kepolisian merupakan hal yang lumrah, termasuk juga rotasi jabatan Kapolda. Menurutnya, mutasi Kapolda DKI Jakarta dan Kapolda Jabar bukan hal yang politis.

"Jadi yang kemarin Kapolda DKI Jakarta dan Kapolda Jabar itu dimutasi, enggak usahlah dinilai langkah politis. Ya mungkin ada pertimbangan itu, tapi pasti keputusannya sudah dibuat jauh-jauh hari. Tidak ujug-ujug," jelas politikus NasDem ini.

Diberitakan, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahradi Novianto. Pencopotan dua jenderal buntut kerumunan massa Rizieq Syihab.

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Senin (16/11).

"Yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat," tuturnya.

Argo menambahkan, sesuai dengan TR Kapolri No. ST3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri yaitu Irjen Nana Sudjana Kapolda Metro Jaya diangkat jabatan baru sebagai kors ahli Kapolri.

Baca Selanjutnya: Selain dua Kapolda Polri melakukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini